Nyaris Seribu Rumah di Cirebon Terendam Banjir akibat Sungai Meluap

Tim SAR dengan perahu karet mengevakuasi warga yang rumahnya terendam banjir di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat malam, 21 Januari 2022.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Sebanyak tiga desa di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pada Jumat malam, 21 Januari 2022, terendam banjir setelah hujan lebat mengguyur wilayah itu dan Sungai Ciberes tidak mampu menampung debit air sehingga meluap.

Presiden Uni Emirat Arab Tinjau Infrastruktur Setelah Banjir di Dubai

"Tiga desa yang terendam banjir itu adalah Mekarsari, Gunung Sari dan Desa Ciuyah, ketiganya di Kecamatan Waled," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon Alex Suheriyawan, di Cirebon, Sabtu.

Alex mengatakan banjir yang merendam tiga desa itu mengakibatkan 964 rumah warga, terutama di bantaran Sungai Ciberes, terendam banjir setinggi lebih satu meter.

Hujan Lebat di Dubai, Benarkah karena Perubahan Iklim atau Modifikasi Cuaca?

Banjir yang melanda Desa Mekarsari mengakibatkan 369 unit rumah di dusun 1-5 dan beberapa fasilitas umum terendam air. Di Desa Gunungsari, Dusun 1 sampai 4, terdapat 350 unit rumah, 1 masjid dan beberapa tempat pendidikan yang terendam. Di Desa Ciuyah, Blok 1 sampai 3, rumah yang terendam banjir sebanyak 245 unit.

Hujan lebat dan banjir (ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/HO/H. Prabowo
Merinding! Jayabaya Ramal Bencana Alam Berupa Banjir dan Gunung Meletus di Mana-mana

Alex mengatakan banjir yang terjadi di tiga desa itu akibat intensitas hujan lebat dengan durasi yang lama dan membuat Sungai Ciberes tidak mampu menampung air. Air lantas masuk ke permukiman warga. Hingga Sabtu pagi air masih menggenangi rumah warga.

"Air mulai masuk ke rumah warga pada Jumat sekitar jam 19.00 WIB, dan sampai sekarang juga belum surut," katanya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya