Monitoring KPK, Banyumas Raih Peringkat 6 Nasional

Aksi Anti Korupsi
Aksi Anti Korupsi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA - Bupati Banyumas, Achmad Husein, memastikan seluruh jajarannya fokus dan konsisten melaporkan seluruh kegiataan pelayanaan yang dilakukan penyelenggara negara di Banyumas, termasuk penggunaan anggaran dalam aplikasi Monitoring Center for Prevention (MCP) KPK.

Aksi Anti Korupsi

Aksi Anti Korupsi

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Pelototin 24 Jam

“Saya pelototin 24 jam (entry data MCP). Jangan sampai ada celah yang menjadi peluang terjadinya korupsi di Banyumas,” kata Husein saat dihubungi wartawan, Minggu, 23 Januari 2022.

Aplikasi MCP berisi kreteria-kreteria yang digunakan untuk menyusun laporan monitoring dari KPK, di mana masing-masing pemerintah daerah dapat mengisi laporan dengan meng-entry data laporan ke aplikasi, yang harus disertai bukti fisik sekaligus foto dalam laporan yang di entry.

Dengan aplikasi ini, masing-masing Pemda diwajibkan melaksanakan self assesment dan setiap daerah harus melaporkan data-data diwilayah mereka secara obyektif, jujur alias tidak di manipulatif, karena hulu hasil laporan tersebut akan diperiksa KPK.

Husein juga tengah fokus agar tidak terjadi fraud seperti upaya sengaja untuk menggelapkan asset atau pelaporan yang menyesatkan oleh oknum di jajaran Pemkab Banyumas.