Jelang MotoGP, Pemerintah Kebut Vaksinasi di Mandalika Lombok

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA – Pemerintah melaporkan bahwa berdasarkan pemantauan dalam seminggu terakhir, diketahui telah terjadi peningkatan kasus harian COVID-19 di Tanah Air. Sehingga pemerintah akan mengebut program vaksinasi seluruh Indonesia.

Karenanya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, memastikan pemerintah akan kembali melakukan evaluasi pada level PPKM secara nasional, dan kesiapan aspek testing serta tracing pada akhir Januari 2022 mendatang.

"Level PPKM akan kita evaluasi per 31 Januari. Nantinya dari evaluasi tersebut kita akan bisa melihat kesiapan dan terkait dengan testing dan tracing yang perlu dievaluasi per dua minggu," kata Airlangga dalam telekonferensi, Senin 24 Januari 2022.

Baca juga: Perang Lawan Omicron Ada di Jakarta, Luhut: Level PPKM Bisa Berubah

Selain itu, Airlangga juga melaporkan soal capaian pada program vaksinasi. Dia mengakui bahwa sampai saat ini masih ada empat provinsi yang capaian vaksinasinya masih di bawah target nasional sebesar 70 persen.

Keempat provinsi tersebut antara lain yakni Maluku Utara dengan capaian vaksinasi hanya 68 persen, Maluku 66 persen, Papua Barat 46 persen, dan Papua 26 persen.

Airlangga menjelaskan, di sisi lain capaian program vaksinasi COVID-19 itu sebenarnya juga terkait dengan sejumlah hal penting lainnya, seperti persiapan pelaksanaan Mandalika MotoGP. Sehingga, vaksinasi di daerah sekitarnya harus terus ditingkatkan agar bisa mencapai target nasional sebesar 70 persen.