Pertama di Dunia! Ini 7 Fakta Kecanggihan Tank Boat Antasena

VIVA Militer: Tank Boat buatan PT Pindad ketika pengujian di perairan Banyuwangi
Sumber :
  • Instagram @pt_pindad

VIVA – Antasena merupakan tank boat pertama di dunia yang lahir di Banyuwangi, Indonesia. Badannya terbuat dari karbon komposit yang 10 kali lebih kuat dari baja. Karena tang boat ini memiliki bobot yang ringan, kendaraan ini bisa bergerak cepat dan mampu menghancurkan musuh dari jarak 5 kilometer. Antasena adalah prototipe tank boat buatan PT Pindad (Persero), yang diproduksi di sebuah galangan canggih di Banyuwangi. Simak fakta kecanggihan tank boat Antasena selengkapnya berikut ini.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Tank Boat Dibuat Oleh 3 Perusahaan

Tank Boat Antasena menjadi salah satu alutsista unggulan terbaru dari PT Pindad (Persero). Rupanya tank boat ini tak hanya dari PT Pindad (Persero) saja, tetapi Tank Boat Antasena juga dibuat oleh 2 perusahaan lainnya. Perusahaan tersebut adalah PT Len Industri (Persero) dan PT Hariff yang berkontribusi dalam pembuatan Tank Boat Antasena.

5 Fakta Terbaru tentang Hujan, Banyak yang Belum Tahu

Tank Boat Telah Uji di Coba

VIVA Militer: Tank Boat Antasena melakukan pengujian Sea Trial di Banyuwangi

Photo :
  • PT Pindad
5 Fakta Menarik Drama Wonderful World yang Diperankan Cha Eun Woo

Pada 22 Mei 2021, Tank Boat Antasena menjalani kegiatan sea trial di dermaga Banyuwangi. Dari uji coba sea trial tersebut maka dilakukan juga uji coba penembakan meriam kaliber 30mm. Nantinya, Tank Boat Antasena menjadi calon alutsista canggih yang akan dimiliki indonesia.

Dilengkapi Senjata yang Canggih

Tank Boat Antasena ini memiliki beragam persenjataan kelas berat nan canggih yang terpasang. Ini terbukti jika Tank Boat Antasena memiliki senapan serbu kelas berat 12.7 mm sebanyak 2 buah. Terlebih terdapat senjata RCWS kaliber 30mm yang terpasang pada atas Tank Boat Antasena. Dari persenjatan tersebut, Tank Boat Antasena memiliki peran bantuan tembakan langsung ke permukaan dan pesisir.

Daya Jelajah yang Mumpuni

Tank Boat Antasena ini memiliki daya jelajah yang sangat jauh di kelasnya. Ini dijelaskan bahwa Tank Boat Antasena bisa menempuh jarak sekitar 600 Nautical mile (965 km).

Kecepatan yang Tinggi

VIVA Militer: Tank Boat Antasena

Photo :
  • Youtube Defencewebtv

Selain dilengkapi dengan senjata canggih dan daya jelajah yang hebat, Tank Boat Antasena ini juga memiliki kecepatan yang tinggi. Kecepatan pada Tank Boat Antasena ini diketahui bisa mencapai 40 knot (74 km/h). Melalui kecepatan tersebut maka mobilitas Tank Boat Antasena di air sangatlah cepat dan handal.

Daya Tampung yang Banyak

Diketahui jika daya tampung dari Tank Boat Antasena ini lumayan cukup banyak. Tercatat jika Tank Boat Antasena dapat menampung 60 orang personel dan 5 orang kru. Tank Boat Antasena cocok dijadikan untuk operasi platform penyerbuan pesisir.

Lebih Kuat dari Baja

VIVA Militer: Tank Boat buatan PT Pindad (persero)

Photo :
  • Instagram @pt_pindad

Armor dari Tank Boat Antasena memiliki kekuatan 10 kali lebih kuat dari baja. Ini dijelaskan oleh akun Instagram @kemhanri jika badan kapal Tank Boat Antasena terbuat dari karbon komposit. Maka dari itu badan dari Tank Boat Antasena memiliki kekuatan 10 kali lebih kuat dari baja.

Itulah kecanggihan yang dimiliki oleh Tank Boat Antasena yang dimiliki Indonesia. Semoga Indonesia bisa bersaing dengan negara lainnya ya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya