Motif R Karang Cerita Diperkosa Berbuntut AKP Eko Dicopot

R, wanita yang mengarang cerita diperkosa.
Sumber :
  • tvOne/Teguh Sutrisno

VIVA – Wanita berinisial R, warga Boyolali ini bikin geger atas pengakuannya yang diperkosa Kasat Reskrim Polres Boyolali. R membuat laporan terkait pemerkosaan dirinya yang dilakukan oleh pria bernama WGS di sebuah hotel di Bandungan. 

Imbas Kematian Siswa Diduga Dianiaya, Kepala Sekolah SMKN 1 Nias Selatan Dibebastugaskan

Saat proses pemeriksaan laporan, R merasa dilecehkan. Akibatnya, Kasat Reskrim Polres Boyolali AKP Eko Marudin dicopot jabatannya oleh Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi.

Namun, tim Ditreskrimum Polda Jateng yang menyelidiki kasus ini menemukan sejumlah fakta. R pun diperiksa sebagai saksi. Di situ terungkap pengakuan mengejutkan dari R. 

Kasus ABG Tabrak 11 Motor dan 2 Mobil di Bekasi Berakhir Damai

Kabidhumas Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menjelaskan R tak bisa mengelak setelah penyidik Ditreskrimum Polda Jateng menyodorkan sejumlah bukti. R pun mengaku jika ia mengarang cerita terkait pemerkosaan yang ia laporkan ke Polres Boyolali.

"Penyidik Ditreskrimum mempunyai bukti rekaman CCTV di hotel tempat R ngamar bersama WGS pasangannya. Penyidik juga mengantongi hasil visum dari tim dokter terkait laporan perkosaan tersebut yang tidak ditemukan adanya tanda kekerasan," kata Iqbal, Senin, 24 Januari 2022.

Kasus Gadis 20 Tahun Tewas Tanpa Busana di Kolam, Polisi Kesulitan Mengungkap Pelaku

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy.

Photo :
  • tvOne/Didit Cordiaz

Iqbal menambahkan, wanita 28 tahun itu juga tak bisa mengelak. Dia mengaku kalau sebenarnya ia tidak diperkosa WGS. Tapi, karena berhubungan atas dasar suka sama suka.

"Saat diperiksa penyidik tadi, dia tidak dapat mengelak dan akhirnya mengaku hubungan yang dilakukan dengan WGS adalah karena suka sama suka," jelas Iqbal.

Namun, ia menambahkan bahwa R punya motif dengan melaporkan diri diperkosa oleh WGS ke Polres Boyolali. Saat membuat laporan itu, ia mengaku mendapat pelecehan verbal oknum oleh perwira di Polres Boyolali yaitu AKP Eko Marudin selaku Kasat Reskim. Imbas pengakuan itu, jabatan AKP Eko dicopot dari posisinya.

Adapun di Polres Boyolali, suami R sedang menghadapi kasus perjudian. Status suami R saat ini sedang dipenjara dan tengah menjalani proses hukuman. 

Maka itu, ia mengarang cerita agar ingin punya posisi tawar agar bisa meringankan kasus suaminya.

"Motifnya dia ingin punya nilai tawar. Dia sengaja melaporkan perwira polisi Boyolali tersebut dengan tuduhan pelecehan verbal. Tujuannya satu, yaitu agar Polres Boyolali meringankan kasus suaminya yang ditangkap karena menjadi bandar judi," tutur Iqbal.

Laporan: Teguh Sutrisno-tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya