Polri Akui Beri Pelat Khusus ke Arteria Dahlan, Ini Alasannya

Arteria Dahlan
Arteria Dahlan
Sumber :
  • instagram

VIVA – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah memberikan pelat nomor kendaraan dinas khusus polisi kepada Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan. Terungkap, pelat nomor dinas polisi khusus itu diberikan untuk pengawalan kepada Arteria.

"Ya untuk membantu. Jadi kan seseorang pejabat diberikan nomor tersebut, tentunya untuk kegiatan pengamanan pengawalan kepada yang bersangkutan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan di Mabes Polri pada Senin, 24 Januari 2022.

Menurut dia, Arteria yang diberikan nomor pelat khusus polisi itu juga didampingi oleh Anggota Polri. Tercatat, nomor pelat khusus polisi yang dipakai Arteria itu digunakan untuk kendaraan Pajero. “Kan diberikan tadi itu (untuk pengamanan pengawalan), kecuali dia buat sendiri,” ujarnya.

Pelat Nomor mobil Arteria Dahlan.

Pelat Nomor mobil Arteria Dahlan.

Photo :
  • istimewa

Sebelumnya diberitakan, Ombudsman RI menduga ada maladministrasi yang dilakukan anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam perkara pelat dinas polisi yang digunakan Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan.

"Ini ada potensi maladministrasi di kepolisian kalau terbukti memberikan register atas nama yang bersangkutan (Arteria Dahlan)," kata Ketua Ombudsman RI, Mokhamad Najih saat dikonfirmasi wartawan pada Jumat, 21 Januari 2022.

Menurut dia, harusnya pelat resmi dinas kepolisian itu tidak boleh digunakan oleh orang yang bertugas di luar Korps Bhayangkara maupun TNI dan sejenisnya. Sebab, pelat nomor khusus Polri dan TNI diberikan karena kekhususan sebagai dinas.