Ingin Tahu Alam Kubur, Pria Ini Gali Kuburan

Kuburan digali.
Kuburan digali.
Sumber :
  • Muhammad AR

VIVA – Warga Kampung Haur Kuning, Desa Jonggol, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat menangkap seorang pemuda berinisial EN tengah menggali kuburan di sebuah area Tempat Pemakaman Umum (TPU) Astana, dengan alasan ingin mengetahui alam kubur. Warga yang kesal pun membawa pemuda itu ke kantor polisi Sektor Jonggol. 

"Warga bingung ngapain orang gali makam yang baru. Akhirnya warga datang dan menginterogasi. Kata pemuda ini ingin tahu keadaan di dalam kuburan seperti apa. Makannya dia gali," kata seorang warga. 

Khawatir mendalami ilmu sesat, warga pun membawa pemuda tersebut ke rumah RW setempat. Mengetahui makam keluarganya digali orang, warga sekampung pun berkumpul mengepung rumah ketua RW. 

Kepolisian Sektor Jonggol pun mengamankan pemuda tersebut. Namun saat diinterogasi petugas, tak ada satu pun jawaban sesuai yang diberikannya.

Setelah warga mencari informasi, pemuda itu berinisial EH warga Kampung Galang Desa Jonggol. Kapolsek Jonggol Kompol Sularso mengatakan, pelaku penggalian makam yakni EH pria berusia 27 tahun diamankan ke Mako Polsek Jonggol untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

"Dari pemeriksaan yang kita lakukan kepada pelaku EH ini dalam memberikan jawaban ataupun keterangannya  tidak sesuai dengan apa yang ditanyakan oleh penyidik kami," katanya. 

Adanya kejanggalan saat pemeriksaan, Polsek pun langsung berkoordinasi dengan Kepala desa Jonggol, Ketua MUI Kecamatan Jonggol, dan keluarga dari kedua belah pihak.