Kapolri Tunjuk Kombes Valentino Jadi Kapolrestabes Medan

Ilustrasi Polri.
Ilustrasi Polri.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kapolri, Jendral Listyo Sigit Prabowo, melakukan mutasi dan rotasi jajaran di institusi Polri. Salah satunya, posisi Kapolrestabes Medan yang sebelumnya dijabat oleh Kombes Pol. Riko Surnako digantikan oleh Kombes Pol. Valentino Alfa Tatareda.

Kombes Valentino sebelumnya menjabat sebagai Direktur Lalulintas Polda Sumatera Utara. Sedangkan, Kombes Riko dimutasi dan menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang Pengawasan dan Pembinaan Profesi (Wabprof) Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri.

Rotasi itu, tertuang dalam Surat Telegram (ST) Kapolri Nomor: ST/166/1/KEP/2022 tertanggal 24 Januari 2022. Mutasi tersebut, dibenarkan oleh Kepala Bidang Humas Polda Sumut Komisaris Besar Hadi Wahyudi.

“Benar, Berdasarkan Surat Telegram Kapolri, Kombes Riko dimutasi,” jelas Hadi kepada wartawan, Selasa malam, 25 Januari 2022.

Hadi tak merinci soal alasan mengapa Riko di mutasi. Kata dia, mutasi adalah hal yang biasa dalam dinamika organisasi Polri.

“Mutasi biasanya dilakukan dalam rangka penyegaran organisasi,” tutur Hadi.

Pencopotan Riko, imbas dari gagal melakukan pengawasan terhadap anggotanya yang melakukan penggelapan, suap dan narkotika. Mantan Kapolrestabes Medan itu, menjalani pemeriksaan Bidang Propam Polda Sumatera Utara dan Divisi Propam Polri.