Ridwan Kamil Sebut Corona Sudah Tak Mempan pada Orang Sudah Divaksin

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa ada 66 orang yang dikarantina karena dicurigai terjangkit COVID-19 varian Omicron. Pemerintah Provinsi mencatat kini kasus suspek Omicron yang masih ditangani menyisakan dua orang yang diisolasi di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM).

"Jadi kasus yang terkonfirmasi Omicron yang masih dirawat hanya dua orang. Ini memang mengonfirmasi Omicron tuh cepat menular tapi cepat sembuhnya: data kecepatan sembuhnya tiga sampai empat hari," katanya di Gedung Sate Kota Bandung, Selasa, 25 Januari 2022.

Pasien yang ditengarai terinfeksi COVID-19, katanya, secara keseluruhan di Jawa Barat mencapai 3,176 dengan isolasi mandiri, 594 orang di rumah sakit, dan 38 orang di pusat isolasi COVID-19.

Pemerintah provinsi, katanya, mengasumsikan peningkatan kasus penularan secara harian di Jawa Barat lebih banyak yang non-Omicron, di antaranya varian Delta atau yang lain.

Omicron varian baru Covid-19 (ilustrasi)

Omicron varian baru Covid-19 (ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA/Shutterstock

Dia mengingatkan, vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan jadi benteng untuk menghadapi potensi penularan Omicron. "Artinya, vaksinasi itu berhasil karena dulu, di tahun lalu, vaksinasi belum dilaksanakan [dan] virusnya masuk hilir mudik ke banyak orang," katanya.

"Sekarang," katanya, "kami meyakini virus ini beredar tapi tidak mempan masuk ke tubuh kita yang rata-rata sudah divaksin."