Polri Pastikan Kota Sorong Sudah Dalam Keadaan Aman Terkendali

Tempat karaoke di kota Sorong yang dibakar massa pertikaian, Selasa 25 Januari 2022.
Sumber :
  • Antara/ Ernes Broning Kakisina

VIVA – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan mengatakan situasi di Kota Sorong sudah dalam keadaan aman terkendali, pascabentrokan antarwarga yang menewaskan 18 orang pada Selasa dini hari 25 Januari 2022.

Amnesty International Sebut Pelanggaran HAM di RI Semakin Buruk, Aparat Paling Banyak Terlibat

Sampai saat ini, Polda Papua Barat diback-up Brimob Papua masih mengamankan situasi di Kota Sorong. “Tentu sekali lagi, kami memgimbau masyarakat untuk tenang dan percayakan kepada Polri dalam menangani dan menuntaskan kasus ini,” jelas Ramadhan di Mabes Polri pada Rabu, 26 Januari 2022.

Selain itu Ramadhan menambahkan, kepolisian melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi untuk mengungkap motif dan pelakunya. Sedangkan, sumber api yang membakar tempat hiburan malam atau Karoke Doubel O masih dalam penyelidikan.

Izin Menginap di Kantor Polisi, Pria Tuban Ini Ternyata Baru Membunuh Istrinya

Proses evakuasi korban terjebak di dalam tempat karaoke Doubel0 yang dibakar oleh massa dalam pertikaian antarwarga di kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Selasa, 25 Januari 2022.

Photo :
  • ANTARA/Ernes Broning Kakisina

“Tentu kita masih melakukan pendalaman dan penyelidikan. Kita telah melakukan pemeriksaan-pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan telah mengumpulkan barang bukti dari olah TKP yang telah dilakukan penyidik,” tandasnya.

Waspada! DBD di Indonesia Melonjak Hampir 3 Kali Lipat pada Kuartal I 2024

Pihak Kepolisian telah mengidentifikasi diduga para pelaku bentrokan Selasa dini hari. “Saat ini pelaku-pelaku ini dalam kasus tersebut sudah teridentifikasi,” kata Ramadhan. 

Namun, kata Ramadhan, pihak kepolisian belum melakukan penangkapan terhadap para pelaku yang sudah teridentifikasi diduga terlibat dalam aksi bentrokan tersebut. Kini, polisi masih melakukan pendalaman terhadap diduga pelaku.

“Namun belum dilakukan penangkapan, masih diidentifikasi. Kita masih melakukan pendalaman terhadap para pelaku tersebut,” ujarnya.

Diketahui, bentrokan antardua kelompok terjadi pada Senin, 24 Januari 2022 sekira pukul 23.00 WIT hingga Selasa dini hari 25 Januari 2022 pukul 03.00 WIT. Bentrokan itu memicu pembakaran sebuah tempat hiburan malam di Kota Sorong, Papua Barat.

Akibatnya, ada 18 orang meninggal dalam bentrokan tersebut. Sebanyak satu orang tewas dalam bentrokan, sedangkan 17 korban lainnya tewas diduga terbakar di tempat hiburan malam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya