Dua Kubu Bentrok di Sorong Berdamai, Begini Kesepakatannya

Kepala bidang Humas Polda Papua Barat Kombes Pol Adam Erwindi
Sumber :
  • ANTARA/Hans Arnold Kapisa

VIVA – Kepala Bidang Humas Polda Papua Barat, Kombes Adam Erwindi mengatakan kepolisian telah melakukan pertemuan dengan kedua kelompok yang terlibat dalam bentrokan di Sorong, Papua Barat, pada Senin malam, 24 Januari 2022. Menurut dia, pertemuan dipimpin langsung oleh Kapolres Sorong Kota AKBP Ary Nyoto Setiawan.

Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

"Kita mempertemukan kedua belah pihak yang bertikai dipimpin Kapolres. Untuk mempertemukan kedua belah pihak, ada sekitar 17 orang tokoh yang dituakan dari kedua belah kelompok tersebut yang pernah bertikai di Double O," kata Adam saat dihubungi wartawan pada Kamis, 27 Januari 2022.

Menurut dia, kedua kelompok yang bentrok akhirnya sepakat untuk tidak melakukan aksi lanjutan dengan menandatangani surat di hadapan kepolisian. Sebab, dalam bentrokan tersebut mengakibatkan 18 orang meninggal dunia.

Gara-gara Wanita, Bripda DR Aniaya Tenaga Kesehatan Hingga Hidungnya Patah

"Setelah kita menerapkan semua masukan dan saran-saran mereka ya, akhirnya mereka semua menandatangani kesepakatan tidak akan melakukan tindakan selanjutnya," ujarnya.

Selain itu, kata Adam, kedua kelompok tersebut juga bersedia membantu kepolisian untuk mencari pelaku dan aktor bentrokan hingga terjadi pembakaran tempat hiburan malam (THM) Karoke Doubel O, Sorong, Papua Barat. Kini, situasi sudah kondusif.

Relawan Prabowo Batal Gelar Aksi, Polisi Berlakukan Pengalihan Arus Situasional Depan MK

"Mungkin sama-sama pihak kepolisian akan coba untuk membantu mencari para pelakunya, menyerahkan kepada pihak kepolisian. Jadi mereka saling membantu untuk mencari tahu pelaku-pelaku daripada penganiayaan dan pembakaran tempat hiburan itu. Situasi sudah kondusif, aktivitas masyarakat normal," jelas dia.

Hadir dalam pertemuan tersebut antara lain Direktur Reskrimum Polda Papua Barat Kombes Novi, Dansat Brimob Kombes Pria Premos, Direktur Intel Polda Papua Barat Kombes Aris Setya Budi, Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Adam Erwindi, Kabid Propam Polda Papua Barat Kombes Bulang Bayu, Irwasda Polda Papua Barat Kombes Godhelp Masnembra dan Direktur Polair Polda Papua Barat Kombes Budi Utomo.

Diketahui, bentrokan antardua kelompok terjadi pada Senin, 24 Januari 2022 sekira pukul 23.00WIT hingga pukul 03.00 WIT pada Selasa, 25 Januari 2022. Bentrokan itu memicu pembakaran sebuah tempat hiburan malam di Kota Sorong, Papua Barat.

Akibatnya, ada 18 orang meninggal dalam bentrokan tersebut. Sebanyak satu orang tewas dalam bentrokan, sedangkan 17 korban lainnya tewas diduga terbakar di tempat hiburan malam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya