Potret Terminal Tirtonadi, Kemenhub Revitalisasi Terminal Bikin Takjub

Tirtonadi Frame
Sumber :
  • Instagram @amber_budiyanto

VIVA – Kini Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah disulap jadi tempat serbaguna oleh Kementerian Perhubungan. Dengan wajah barunya, terminal tipe A tersebut kini bukan sekadar terminal bus biasa, akan tetapi memiliki fasilitas ruang serbaguna yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan.

Potret Hangat Presiden Turki Erdogan dan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Saat Bertemu di Istanbul

Terminal Tirtonadi Disulap jadi Bangunan Serbaguna

Terminal Tirtonadi

Photo :
  • Instagram @sobatzeta
Tim Saber Pungli Depok Beraksi, Amankan 4 Orang dari Terminal Depok

Terminal Tirtonadi kini sudah jadi serbaguna. Fasilitas yang disuguhkan bisa digunakan untuk berbagai macam kegiatan seperti: pameran, konser musik, pernikahan, kegiatan seni budaya, olahraga, kuliner, dan kegiatan lainnya. Kini, Terminal Tirtonadi menjadi pusat kegiatan masyarakat Solo dan sekitarnya.

Terminal Tirtonadi Mampu Menampung 2500 orang

Kawal Arus Mudik Hingga Balik Lebaran 2024, PLN Siaga di Zona Utama Transportasi Publik

Terminal Tirtonadi Solo

Photo :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

Terminal ini menempati lahan seluas sekitar 5 hektare, dengan luas bangunan Sport Center seluas 1.512 m² mampu menampung 300 penonton tribun. Kemudian, terminal ini juga memiliki Convention Hall seluas 3.564 m² yang mampu menampung hingga 2500 orang.

Terminal Tirtonadi Terintegrasi dengan Stasiun Solo dan Bandara

Sky Bridge Terminal Tirtonadi

Photo :
  • Instagram @sobatzeta

Terminal Tirtonadi juga terhubung dengan Stasiun Solo Balapan dan Bandara Adi Sumarmo. Penumpang bus yang akan melanjutkan perjalanan kereta bisa berjalan melalui Jembatan (Sky Bridge) sepanjang kurang lebih 500 meter menuju Stasiun Solo Balapan, dan bisa lanjut menggunakan Kereta Bandara Adi Sumarmo (KA BIAS) menuju bandara, begitupun sebaliknya.

Terminal Tirtonadi jadi Konsep Baru Pengelolaan Sebuah Terminal di Indonesia

Terminal Tirtonadi

Photo :
  • Instagram @ skyscrapercitysolo

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Terminal Tirtonadi menjadi contoh pertama dalam penerapan konsep baru pengelolaan sebuah Terminal di Indonesia, yang memiliki nilai tambah dan mendukung berbagai sektor lainnya seperti: pariwisata, industri, sosial, seni budaya, ekonomi dan pada sektor lainnya.

“Solo adalah kota yang Cekli (kecil tapi menyenangkan). Kami berupaya mendukung potensi yang ada di kota Solo melalui revitalisasi Terminal Tirtonadi yang kini memiliki fasilitas convention hall, sport center, food court, dan lain sebagainya, yang akan menarik perhatian masyarakat,” kata Menhub, dikutip dephub.go.id pada Jumat, 28 Januari 2022.

Menhub mengungkapkan, dengan adanya tambahan fasilitas tersebut diharapkan semakin banyak masyarakat dari berbagai kalangan, anak muda hingga orang tua, dan para penikmat seni yang datang dan merasa nyaman berada di terminal. Hal ini juga menjadi harapan untuk meningkatkan kembali minat masyarakat menggunakan angkutan umum bus.

Terminal Tirtonadi Mendukung Event Rutin di Solo

Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyambut baik inovasi yang dilakukan di Terminal Tirtonadi. Menurutnya, fasilitas yang ada di terminal bisa digunakan untuk mendukung kegiatan rutin yang ada di kota Solo, seperti: pertunjukan seni, musik, turnamen olahraga, dan event lainnya.

Gibran mengatakan jika saat ini sudah ada beberapa event di Kota Solo yang diselenggarakan di Terminal Tirtonadi seperti: pertunjukan Solo Keroncong, konser Rock in Solo, dan sejumlah turnamen olahraga. Menurutnya, fasilitas yang disuguhkan di sini cukup komplit, dan  benar-benar One Stop Solution.

Terminal Tirtonadi Menjadi Tempat Konsernya Penyanyi Tulus

Konser Tulus di Terminal Tirtonadi

Photo :
  • Instagram @ngi_infinite

Pada Sabtu malam 8 Januari 2022, Menhub bersama Walikota Gibran menghadiri konser musik yang digelar di Convention Hall yang berada di lantai 2 Terminal Tirtonadi. Dalam konser yang digelar secara hybrid (luring dan daring), menghadirkan penyanyi ternama Tulus dan turut diisi oleh para pegiat seni dari kota Solo.

Terminal Tirtonadi jadi Tempat Olahraga

Terminal Tirtonadi jadi tempat olahraga

Photo :
  • Instagram @opiikpiss

Saat itu, Menhub juga meninjau Sport Center yang juga berada di lantai 2 terminal dan melihat kegiatan yang tengah berlangsung yaitu: futsal, gymnastic, dan taekwondo. Sementara di area outdoor, juga ada komunitas sepatu roda yang tengah berlatih dan komunitas food truck yang menjajakan kuliner.

Itulah beberapa potret Terminal Tirtonadi yang kini jadi bangunan serbaguna. Tertarik kan untuk menggunakan angkutan umum lagi. Penasaran dengan penampakannya? Jangan lupa mampir ke Terminal Tirtonadi ya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya