Pentolan Ormas GMBI Ditangkap, Pengacara: Dia Kooperatif

Ormas GMBI diperiksa polisi
Sumber :
  • Instagram @biddokkes_poldajabar

VIVA – Polda Jawa Barat mengamankan Ketua ormas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) M. Fauzan karena terkait aksi demo ricuh pada Kamis, 27 Januari 2022. Selain Fauzan, 725 anggota GMBI juga diamankan polisi.

Tuding Pj Gubernur Jawa Barat Tidak Netral saat Pemilu 2024, Hakim MK: Tak Ada Saksinya

Terkait itu, pengacara Fauzan, Lamhot Situngkir memastikan kliennya koperatif menjalani pemeriksaan di Polda Jabar. Dia bilang Fauzan diperiksa sebagai saksi.

"Hanya dimintai keterangan sebagai saksi. Dan sebagai warga negara yang baik tentu ketua Umum GMBI bersifat kooperatif," ujar Lamhot kepada VIVA, Jumat 28 Januari 2022.

Warga Dikejutkan Penemuan Mayat Bayi Laki-laki di Kali Cikeas

Sorot Ormas - GMBI

Photo :
  • ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra

Jadi Pemimpin Aksi

Prabowo Larang Pendukungnya Demo di MK, Demokrat Beri Pujian: Negarawan dan Komitmen Tinggi

Fauzan dikabarkan diamankan polisi di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Kini, yang bersangkutan tengah menjalani pemeriksaan petugas. Fauzan diamankan karena diduga memimpin aksi yang berakhir ricuh. 

"Sekarang sedang dilakukan pemeriksaan termasuk juga beberapa orang yang kemarin sempat melakukan aksi dan memimpin aksi," ujar Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Jawa Barat, Kombes Ibrahim Tompo di Bandung.

Dia mengatakan status Fauzan dan ratusan anggotanya masih berstatus sebagai saksi. Dia menekankan dalam pemeriksaan ini akan dilakukan secara maraton untuk memastikan pihak yang dijerat secara pidana.

"Masih saksi semua. Pemeriksaan akan dilakukan secara maraton, karena banyak. Supaya bisa dilihat siapa-siapa yang terlibat pidana," katanya. 

Ibrahim mengatakan 16 dari 725 anggota GMBI yang diamankan saat unjuk rasa di depan Polda Jabar diketahui positif narkoba. Dia mengatakan hasil positif narkoba ini diketahui usai ratusan anggota itu dicek urine oleh petugas kepolisian. 

Pun, 16 pendemo positif narkoba itu sudah diamankan Direktorat Reserse Narkoba Polda Jabar. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya