Kasus Dugaan Pemerkosaan, Polisi di Polda Jambi Divonis 4 Tahun Bui

Ilustrasi pemerkosaan.
Ilustrasi pemerkosaan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Seorang perwira Polda Jambi, Kompol RC yang saat ini bertugas sebagai Kasubdit III Ditreskrimum Polda Jambi, diduga terlibat melakukan pemerkosaan terhadap seorang perempuan di Banjarmasin.

Informasi dihimpun VIVA, RC diketahui sebelumnya bertugas di Banjarmasin, lalu dimutasi ke Polda Jambi. Atas kasus ini, Kompol RC pun sudah divonis 4 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Banjarmasin.

"Ya benar terkait kasus Kompol RC yang merupakan Kasubidt III Ditreskrimum Polda Jambi divonis 4 tahun penjara oleh PN Banjarmasin," ujar Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto, Jumat, 28 Januari 2022.

Mulia menyebutkan, eksekusi terhadap terpidana RC didasarkan pada Surat Perintah Pelaksanaan Putusan Pengadilan (P-48) Nomor: Print-273/O.3.20/Eoh.3/11/2021 yang terbit pada Selasa, 25 Januari 2022.

"Ini kasus lama dan Polda Jambi tidak akan menghalangi pihak Kejati Kalsel untuk melaksanakan eksekusi. (Kejati Kalsel sebagai eksekutor),” katanya.

Diketahui, perintah eksekusi tersebut didasarkan pula pada putusan Mahkamah Agung RI Nomor 1393 K/Pid/2008 tanggal 21 Januari 2009.

Amar putusan Mahkamah Agung, memutuskan Kompol RC terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana pemerkosaan seperti yang dimaksud dalam Pasal 286 KUHP. Perwira di Polda Jambi itupun dihukum dengan pidana penjara selama empat tahun.