Rasakan Atmosfir IKN Nusantara, Pengukuhan Pengurus PBNU di Balikpapan

Gus Yahya Cholil Staquf
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) mengungkapkan, pengurus PBNU Periode 2022-2027 yang akan digelar di Gedung Olahraga dan Pertemuan Dome di Balikpapan, Kalimantan Timur, hari ini. Hal itu diputuskan untuk untuk merasakan atmosfer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Mendagri Tito Karnavian: RUU DKJ Wujud Upayakan Jakarta Jadi Kota Kelas Dunia

“Pengukuhan di Balikpapan, di Kalimantan Timur ini Karena kami ingin merasakan atmosfer Ibu Kota Nusantara ini, ibu kota negara yang baru,” kata Gus Yahya di Balikpapan, dikutip Senin, 31 Januari 2022.

Dia menjabarkan, Balikpapan adalah gerbang menuju Nusantara, lebih kurang 70 km barat laut Kota Minyak. Sebelum ibu kota baru negara itu memiliki semua fasilitas pendukung, maka Balikpapan juga menjadi kota penyangganya.

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

Pada Minggu malam, Gus Yahya didampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBNU Saefullah Yusuf melakukan gladi bersih acara pengukuhan tersebut. Acara itu dijadwalkan juga dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Maruf Amin.

Menurut Gus Yahya, pemindahan Ibu Kota Negara membawa dampak positif. Apalagi bila dibangun dan dirancang sebaik-baiknya dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Rancangan ibu kota baru negara disebut forest city, yaitu kota yang tetap memberi tempat bagi hutan dan ruang terbuka hijau yang banyak dan tidak banyak mengubah kontur atau bentang alam. Sarana transportasi juga banyak menggunakan kendaraan listrik, sehingga tidak akan mencemari udara.

“Mudah-mudahan Ibu Kota Negara yang baru ini bisa membawa dampak yang baik, seperti yang kita inginkan dan menjadi tempat yang berkah,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Gus Yahya bersama rombongan sudah menyempatkan diri meninjau kawasan yang akan dibangun pusat pemerintahan. Di mana ada titik nol IKN.

Gus Yahya Cholil Staquf

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia juga menyampaikan bahwa PBNU berencana membangun kantor di lokasi IKN tersebut. Untuk itu dirinya sudah bertemu dengan sejumlah pimpinan NU di Penajam dan Pelaksana Tugas Bupati Penajam Paser Utara.

“Semuanya tadi bersepakat kerja sama memfasilitasi pengadaan gedung kantor PBNU. Nantinya akan kami kembangkan NU Center dan menjadi satu titik penanda di Nusantara, Ibu Kota Negara yang baru,” ujarnya.

Menurut dia, Kantor PBNU itu nantinya juga akan menjadi pusat layanan berbagai kegiatan, mulai dari dakwah, pendidikan, kesehatan ekonomi dan lainnya. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya