Jokowi Resmikan 7 Pelabuhan Penyeberangan di Kawasan Danau Toba

Presiden Joko Widodo meresmikan 7 pelabuhan di kawasan Danau Toba.
Sumber :
  • Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo meresmikan tujuh pelabuhan penyeberangan dan empat kapal motor penumpang (KMP) di kawasan Dermaga Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba, pada Rabu, 2 Februari 2022. 

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Tujuh pelabuhan itu meliputi Pelabuhan Ajibata dan Balige di Kabupaten Toba, Pelabuhan Tiga Ras Kabupaten Simalungun, Pelabuhan Simanindo Kabupaten Samosir, Pelabuhan Marbun Toruan Bakti Raja di Kabupaten Humbang Hasundutan, Pelabuhan Muara di Kabupaten Tapanuli Utara, Pelabuhan Tongging di Kabupaten Karo. 

Sementara empat KMP yakni KMP Pora-Pora, KMP Kaldera Toba, Bus Air KMP Asa-asa, dan Bus Air KMP Jurung-Jurung. Jokowi berharap pelabuhan dan KMP ini dapat membantu dan mempermudah aktivitas warga.

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

Presiden Jokowi di Jalan Bypass Balige, Kabupaten Toba Sumatera Utara

Photo :
  • Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

"Saya berharap dengan beroperasinya pelabuhan dan kapal-kapal ini akan mendukung keberadaan destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia. Aksesnya ke berbagai tempat di Danau Toba jadi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih lancar," kata Jokowi dikutip dari video Sekretariat Presiden, Rabu, 2 Februari 2022

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Menurut Jokowi, pelabuhan penyeberangan dan KMP sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekitar Danau Toba untuk mendukung aktivitas dan mobilitas sehari-hari. Oleh karena itu, dia mengatakan bahwa pemerintah melalui Kementerian Perhubungan membangun 13 pelabuhan penyeberangan yang tersebar di tujuh kabupaten.

"Pelabuhan dan kapal sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang tinggal di sekitar Danau Toba untuk mendukung aktivitas dan mobilitas sehari-hari. Menyeberang dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain, meningkatkan konektivitas antarkecamatan dan antarkabupaten," kata Jokowi

Turut mendampingi Presiden dalam peresmian tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Bupati Toba Poltak Sitorus, dan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya