Hujan Deras Landa Kota Malang, 6 Pohon Tumbang Satu Menimpa Mobil

Hujan ekstrem menyebabkan pohon roboh dan menimpa mobil di Malang
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Cuaca ekstrem melanda wilayah Kota Malang. Laporan sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat setidaknya 6 pohon besar tumbang ke jalan raya. Dan sebuah mobil dengan satu penumpang di dalamnya tertimpa pohon tumbang dengan ukuran besar. 

Bandara Dubai Beroperasi Kembali Setelah Banjir Bandang

Hujan deras disertai angin kencang di wilayah Kota Malang terjadi sejak sekira pukul 13.00 WIB hingga Kamis, 3 Februari 2022 petang. Pohon tumbang didominasi oleh pohon tua dengan ukuran besar yang berada di kawasan Kecamatan Blimbing, Kota Malang. 

"Saat ini pohon tumbang ada 6. Menyebar kebanyakan wilayah Blimbing di Purwantoro, Pandanwangi lalu sama Arjosari. Yang menimpa mobil sudah di evakuasi," kata Kepala BPBD Kota Malang Alie Mulyanto. 

Langit Dubai Tiba-tiba Berubah Jadi Hijau Usai Banjir Besar

Alie mengatakan, sampai saat ini jumlah kerusakan masih diinventarisir oleh petugas di lapangan. Hasil laporan sementara tidak ada korban jiwa akibat sejumlah pohon tumbang. Dia mengimbau masyarakat untuk tidak berhenti di bawah pohon besar karena rawan tumbang. 

"Imbauan saat musim hujan sekarang kan cuaca ekstrem. Untuk masyarakat tetap waspada. Kalau melewati lokasi rentan jangan berhenti di bawah pohon besar karena itu rawan ya. Kerugian masih di assesment dan Alhamdulilah tidak ada korban jiwa," ujar Alie. 

4 Kelakuan Kocak Masyarakat Dubai Saat Banjir Ada yang Main Jetski sampai Berjemur

Sementara itu, korban pohon tumbang adalah Muhammad warga Mandala Wangi, Wagir Kabupaten Malang. Di menuturkan peristiwa angin kencang disertai hujan lebat terjadi begitu cepat. Saat itu dia mengantar mertua ke kawasan Jalan Sunandar Priyo Sudarmo karena sebuah keperluan. 

Mertua, istri dan anaknya saat itu sudah meninggalkan mobil untuk sebuah keperluan. Sedangkan dirinya menungu sembari parkir di dalam mobil. Tidak disangka sebuah pohon besar tiba-tiba jatuh tepat menimpa mobil miliknya. Beruntung dia selamat dari peristiwa ini.

"Posisi saya di dalam mobil. Karena saya kan menunggu mertua. Mengantarkan mertua. Saya duduk di kemudi. Lalu pohon langsung roboh. Waktu itu angin kencang sama hujan, tiba-tiba bruk jatuh ke mobil saya," tutur Muhammad. 

Akibat pohon tumbang ini, kemacetan terjadi hampir sepanjang 5 kilometer di kawasan ini. Pantauan di lokasi kemacetan terjadi mulai dari Jalan Raden Intan, Arjosari hingga Jalan Panglima Sudirman, Klojen Kota Malang. Petugas dari BPBD dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang melakukan pembersihan pohon tumbang. Sedangkan personel Polresta Malang Kota mengatur arus lalulintas untuk mengurai kemacetan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya