Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Tinggi Abu Capai 600 Meter

Gunung Anak Krakatau menghembuskan abu vulkanik.
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA – Gunung Anak Krakatau yang terletak di Provinsi Lampung dikabarkan kembali erupsi pagi tadi, tepatnya sekira pukul 07.07 WIB. Ketinggian abu erupsi pada mencapai radius 600 meter dari puncak yang mengarah ke timur laut.

Masyarakat Tak Disarankan Mudik Naik Sepeda Motor

"Tadi jam 07.07 terjadi erupsi dengan ketinggian asap 600 meter berwarna kelabu condong ke arah timur laut," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Andiani saat dikonfirmasi, Minggu, 6 Februari 2022.

Berdasarkan informasi yang diterima dari PVMBG, erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 55 mm dan durasi 130 detik. Andiani menyebut Gunung Anak Krakatau masih berpotensi erupsi kembali dalam beberapa waktu ke depan.

Aktivitas Erupsi Gunung Ile Lewotolok Masih Tinggi, Menurut Badan Geologi

Aktivitas Gunung Anak Krakatau

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Andiani mengimbau agar tidak ada masyarakat yang melakukan aktivitas di dekat Pulau Anak Krakatau. Pasalnya, dampak dari erupsi menyebabkan material prioplastim dengan radius dua kilometer dari kawah.

Airlangga Hartarto Ajak Kader Golkar Jadikan Bulan Syawal Momen Tingkatkan Kinerja Positif

"Ancaman dari erupsi ini berupa material piroklastik dengan radius kurang lebih 2 km dari kawah. Sehingga membahayakan apabila masyarakat beraktifitas pada atau di dalam radius tersebut. Selain itu, ancaman lainnya berupa abu vulkanik yang penyebarannya tergantung pada arah angin," imbuhnya.

Potret Warga Gaza (Doc: Marocco World News)

Menlu AS Bersedih dengan Keadaan Masyarakat Gaza Saat Lebaran

Pemerintah Amerika Serikat (AS), melalui Menteri Luar Negeri, Antony Blinken, mengucapkan selamat Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 pada seluruh umat Muslim.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024