KSP: Tudingan Pengetatan PPKM Sengaja Jelang Lebaran Tendensius

Ilustrasi PPKM.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Kantor Staf Presiden menilai, langkah Kementerian Agama (Kemenag) menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang Pelaksanaan Kegiatan Peribadatan/Keagamaan di Tempat Ibadah pada masa PPKM, sudah tepat. Langkah ini sangat penting untuk menjadi perhatian semua pengelola tempat ibadah. 

Menag Sebut Sidang Isbat Ruang Dialog Umat Islam karena Menyangkut Banyak Pihak

"Di tengah situasi penambahan angka positifity rate yang terus melaju, umat beragama sebagaimana selama ini sudah dilakukan, perlu ikut menginjak "rem" dalam pengelolaan tempat ibadah," kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Rumadi Akhmad, di gedung Bina Graha Jakarta, Senin 7 Februari 2022

Rumadi menegaskan, masyarakat tidak perlu terpengaruh dengan pernyataan beberapa orang yang mengkaitkan pengetatan ini sengaja dilakukan karena menjelang perayaan Isra' Mi'raj, bulan Ramadhan, Idul Fitri dan sebagainya. Pernyataan itu menurutnya tendensius.

Masjid Istiqlal Siap Sambut 250 Ribu Jamaah Shalat Idul Fitri 1445 H

"Pernyataan-pernyataan seperti ini, disamping tendensius juga tidak membantu dalam menghadapi situasi krisis seperti sekarang," ujarnya. 

Seperti diketahui, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan SE Nomor 04 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Kegiatan Peribadatan/Keagamaan di Tempat Ibadah Pada Masa PPKM Level 3, Level 2, dan Level 1 COVID19. 

Presiden Jokowi: Selamat Idul Fitri 1445 H, Semoga Kita Bisa Saling Memaafkan

Edaran ini diterbitkan, sebagai panduan bagi pemangku kepentingan dan umat beragama dalam melaksanakan kegiatan peribadatan/keagamaan dan penerapan protokol kesehatan 5M di tempat ibadah pada masa PPKM. 

SE tersebut diantaranya mengatur tentang ketentuan tempat ibadah yang didasarkan dengan level PPKM daerah. Seperti untuk daerah di Jawa dan Bali dengan status PPKM level 3, kegiatan peribadatan/keagamaan berjamaah, kapasitas jemaah paling banyak 50% dari kapasitas, dan paling banyak 50 orang jemaah dengan protokol kesehatan ketat.

Baca juga: Omicron Melonjak, Kemenag Buat Aturan Tata Laksana Ibadah Agama

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya