Soroti Jaringan Internet di Daerah, Ibas: Kita Masih Hadapi Pandemi

Ketua Fraksi Demokrat di DPR Edhie Baskoro Yudhoyono (tengah).
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Penggunaan internet di Tanah Air yang terus mengalami lonjakan mesti didukung akses jaringan. Apalagi saat ini masih pandemi COVID-19 sehingga sebagian besar aktivitas masyarakat tergantung dari akses internet.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Demikian disampaikan Ketua Fraksi Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas saat kunjungan kerja Komisi VI DPR RI ke PT Telkom Indonesia, Sentul, Jawa Barat. Dia mengingatkan pentingnya Telkom untuk meningkatkan cakupan cakupan jaringan internet untuk seluruh wilayah di Indonesia. 

“Kualitas jaringan terbaik dan harga yang murah mesti tergelar ke seluruh pelosok negeri untuk kebutuhan rakyat. Telkom harus menjadi rumah Merah Putih besar yang aman, nyaman, dan modern," kata Ibas, dalam keterangannya, Jumat, 11 Februari 2022. 

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

Dia mengatakan saat ini proposi ekonomi Indonesia makin besar dalam menggunakan platform digital. Menurutnya, jaringan internet saat pandemi seperti sekarang menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Maka itu, pelayanan dan aksesnya harus ditingkatkan. 

"Hingga saat ini kita masih menghadapi gelombang COVID-19. Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah keterbatasan jaringan internet di berbagai kawasan yang kurang berkembang," jelas Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat itu.

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin

Peralatan jaringan internet di kamp pengungsi Gunung Merapi.

Photo :
  • TP-Link

Ibas berharap Telkom juga bisa meningkatkan jumlah paket layanan pulsa dengan harga lebih murah dan terjangkau untuk rakyat.

Pun, ia berharap agar Telkom bisa mendorong pengembangan Desa Wireless. Kemudian, bisa menggalakkan kerja sama dengan provider telekomunikasi untuk layanan satu atap. 

“Mengingat ketergantungan masyarakat terhadap akses internet, terutama di masa pandemi. Baik untuk usaha, sekolah, bekerja, maupun akses kesehatan,” jelas Anggota Komisi VI DPR itu.

Menurut dia, untuk mendongkrak kinerja platform digital nasional maka Telkom mesti mengambil langkah tepat dan cepat. Hal ini penting karena nanti bisa mendukung sektor usaha skala mikro, kecil, dan menengah untuk bertahan dan berkembang. 

Kemudian, Ibas menambahkan, pentingnya adopsi teknologi terutama teknologi digital sebagai salah satu faktor penting untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia. 

Dia berharap Telkom sebagai pemimpin pasar di sektor telekomunikasi bisa terus mendorong adopsi teknologi digital melalui pembentukan infrastruktur yang memadai.

"Baik berupa hardware seperti server, menara jaringan, maupun software seperti platform digital, e-money/e-payment, dan lainnya untuk meningkatkan literasi digital bagi seluruh rakyat Indonesia,” tutur Ibas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya