Ganjar Dialog Langsung dengan Warga Wadas, Yenny Wahid Bilang Begini

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menemui warga di Desa Wadas
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menemui warga di Desa Wadas
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Aktivis Nahdlatul Ulama (NU)  Yenny Wahid memuji Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Yenny menyebut Ganjar sosok pemimpin yang baik lantaran mau berdialog dan turun langsung ke Desa Wadas

"Bagus. Pemimpin yang baik harus berani berdialog langsung dengan masyarakat agar bisa mendengar berbagai persektif yang ada, baik yang pro maupun kontra," ujar Yenny Wahid saat dihubungi wartawan, Senin, 14 Februari 2022.

Yenny yang juga putri kedua Gus Dur itu berharap, dialog antara warga dengan Ganjar bisa membuahkan solusi. Sehingga, tak ada pihak manapun yang dirugikan ihwal rencana penambangan batu andesit di Desa Wadas. 

"Diharapkan dengan adanya dialog bisa ditemukan solusi yang paling baik untuk semua," ucapnya.  

Lebih lanjut, Yenny bilang pemerintah sepatutnya melakukan pendekatan dialogis serta tidak menggunakan intimidasi dan kekerasan terhadap masyarakat. Dia juga meminta stigma yang bermunculan di Desa Wadas dihilangkan. 

"Jangan sampai muncul retorika yang memecah belah yang mengakibatkan hilangnya suasana guyub di masyarakat. Terakhir, pemerintah harus bisa menjadi pengayom yang mendamaikan masyarakat, apapun pilihan warga nantinya," katanya.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo kembali berkunjung ke Desa Wadas, Purworejo, Jateng pada Minggu, 13 Februari 2022. Kedatangan Ganjar disambut ramah dan hangat dengan nyanyian Yalal Wathon oleh ratusan warga Wadas.

Baca juga: MUI Sentil Eks Kapolres Yang Tuduh Warga Wadas Baca Zikir Perang