Kasus COVID-19 Naik, Jokowi: Vaksinasi dan Prokes Kunci Hadapi Omicron

Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi.
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi di 12 provinsi di Indonesia secara virtual. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menekankan pentingnya vaksinasi untuk menghadapi pandemi COVID-19.

Jokowi mengatakan, saat ini kasus positif COVID-19 di Indonesia tengah terjadi kenaikan yang cukup signifikan. Maka dari itu, vaksinasi sangat penting dilakukan untuk meminimalisir dampak yang timbul akibat COVID-19.

"(Vaksinasi) ini penting sekali karena memang kasus sekarang ini sedang naik sehingga diperlukan percepatan vaksinasi terutama untuk lansia dan anak," kata Jokowi, Kamis, 17 Februari 2022.

Presiden Jokowi di Hari Pers Nasional 2022.

Presiden Jokowi di Hari Pers Nasional 2022.

Photo :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

Jokowi mengatakan, kunci menangani COVID-19 khususnya varian Omicron, ada dua. Pertama adalah vaksinasi lengkap hingga booster, dan yang kedua menaati protokol kesehatan (prokes). 

"Karena kunci dalam pengendalian COVID-19 saat ini utamanya varian Omicron ada dua, yang pertama kecepatan vaksinasi, baik itu vaksinasi suntikan yang kedua maupun untuk suntikan penguat atau booster, yang kedua kembali sampaikan kepada masyarakat mengenai pentingnya prokes utamanya pemakaian masker," kata Jokowi.

Jokowi meminta masyarakat agar jangan lengah dan tetap disiplin menerapkan pencegahan. Masyarakat diminta untuk disiplin memakai masker, rajin mencuci tangan, hindari kerumunan, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas yang tidak perlu.

Halaman Selanjutnya
img_title