Tiga 'Jenderal' NII Didakwa Makar, Terancam Penjara 15 Tahun

Sidang perdana tiga jenderal NII di PN Garut
Sidang perdana tiga jenderal NII di PN Garut
Sumber :
  • tvonenews.com

VIVA – Sidang perdana dengan agenda dakwaan terhadap tiga ‘Jenderal’ Negara Islam Indonesia (NII), digelar di Pengadilan Negeri Garut, Jawa Barat, Kamis, 17 Februari 2022.

Jajang Koswara, Sodikin, dan Ujer, ketiga jenderal NII menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Negeri Garut. Mereka didakwa pemufakatan menggulingkan negara atau makar, termasuk propaganda yang diunggah di media sosial.

"Untuk keadilan surat dakwaan nomor register perkara tdm/ 06/grt/ 01/ 2022. Terdakwa satu Jajang Koswara, kedua terdakwa Sodikin, ketiga atas nama Ujer, penahanan dilakukan sejak bulan oktober hingga saat ini," ujar tim JPU Kejaksaan Negeri Garut yang dipimpin Neva Sari Susanti, di ruang sidang Kartika PN Garut dikutip dari tvonenews.com.

Bendera NII dan tiga jenderal

Bendera NII dan tiga jenderal

Photo :
  • VIVA/Diki Hidayat

Dakwaan ke satu primer menyebutkan bahwa terdakwa satu, terdakwa dua, terdakwa tiga pada hari Kamis tanggal  30 September 2021 sebagai orang yang melakukan dan turut serta melakukan makar hendak menggulingkan pemerintahan.

"Perbuatan terdakwa dengan cara-cara yang diajarkan oleh almarhum drs Sensen Komara tentang Negara Islam Indonesia," tambah jaksa.

Sidang perdana ini dipimpin langsung oleh Ketua Majelis Hakim Haris tewa, serta dua hakim anggota Nurahmi dan Sandi M Alayubi. Usai proses dakwaan, tim JPU menyatakan bahwa ketiga terdakwa dianggap telah melakukan pemufakatan makar dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Halaman Selanjutnya
img_title