Angin Puting Beliung Terjang Kendal, 26 Rumah Porak Poranda

Rumah warga Ngabean Kendal diterjang angin puting beliung.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

VIVA – Hujan disertai angin kencang melanda Desa Ngabean, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Akibatnya, 26 rumah warga rusak diterjang angin puting beliung dan tertimpa pohon. 

100 Kilometer Jalan di Jateng Rusak karena Banjir, Perbaikan Dikebut hingga H-7 Lebaran

Selain itu, ada sebuah pompa bensin mini yang rusak setelah pohon tumbang mengenai bangunan tersebut. Seorang warga dilaporkan terluka terkena material bangunan dan dibawa ke rumah sakit terdekat.

Menurut saksi mata, Supartinah warga Ngabean, hujan deras sudah mengguyur sejak Rabu, 16 Februari 2022 sore. Hujan kemudian mereda. Namun, berembus angin kencang seperti puting beliung. Pohon-pohon pun tumbang dan sebagian ada yang menimpa rumah warga.

Waduh, Polda Jateng Amankan 1.904 Pelaku Perzinahan Selama Ramadhan

Rumah warga Ngabean Kendal, Jateng diterjang angin puting beliung.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

Beruntung, Supartinah sempat keluar rumah sebelum pohon menghantam atap rumahnya. "Alhamdulillah sempat keluar rumah sebelum pohon menimpa rumah. Tapi tetangga saya tadi ada yang mau keluar tapi keburu rumah ambrol, terus luka-luka dan dibawa ke rumah sakit, katanya dijahit empat belas," ujar Supartinah saat membersihkan rumahnya, Kamis, 17 Februari 2022.

Gerakan Muslim Jawa Tengah Dukung Sudaryono Jadi Cagub Jateng

Kepala BPBD Kabupaten Kendal, Sigit Sulistyo, yang datang ke lokasi bersama tim relawan mengungkapkan, dari data yang sudah direkapitulasi ada 26 rumah dan 7 fasilitas umum yang rusak.

"Jadi yang rusak itu dikelompokkan ada yang kategori rusak berat, sedang, dan ringan. Kita dibantu dinas terkait, petugas dari Polri, TNI, relawan, serta warga sejak Rabu malam hingga Kamis (17 Februari 2022) siang bergabung untuk melakukan pembersihan dan membantu warga dengan menyiapkan posko penampungan dan dapur umum," kata Sigit.

Sementara itu, Bupati Kendal Dico Ganinduto yang datang ke lokasi mengingatkan warganya untuk mewaspadai cuaca saat ini yang sering hujan disertai angin kencang. 

"Kita tidak tahu kapan akan terjadi, saya minta warga untuk waspada dan tidak ragu melaporkan kejadian dan meminta bantuan ke BPBD atau aparat desa," ujar Dico.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya