Bandara Aminggaru Ditutup Sementara akibat Gangguan KKB

Kegiatan operasional bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Operasional Bandara Aminggaru, Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Sabtu, 19 Februari 2022, ditutup sementara setelah adanya gangguan kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang menembak prajurit Kopasgat/Paskhas TNI AU hingga seorang di antaranya terluka.

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

"Memang benar akibat gangguan dan kontak tembak dengan KKB menyebabkan untuk sementara operasional di bandara ditutup," kata Kepala Unit Pengelolaan Bandar Udara Bandara Aminggaru Ilaga Herman Sujito, dilansir dari ANTARA.

Berdasarkan laporan yang diterima saat kontak tembak terjadi di sekitar Bandara, ada tiga pesawat yang siap mendarat, namun akibat gangguan keamanan ketiga pesawat kembali ke bandara asal.

Panglima TNI Lantik Marsda TNI Khairil Lubis Jadi Pangkogabwilhan II

Tiga pesawat yang gagal mendarat di Bandara Aminggaru adalah pesawat Susi Air dari Nabire yang mengangkut penumpang dan dua pesawat cargo dari Timika, yakni Reven Air dan Smart Air, kata Herman.

Satgas Nemangkawi TNI/Polri mengendalikan situasi kamtibmas di Boega, Papua.

Photo :
  • ANTARA News Papua/HO-Satgas Humas Ops Nemangkawi
PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

Komandan Korem 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gestoro mengakui adanya kontak tembak di Bandara Aminggaru Ilaga, Sabtu pagi, hingga menyebabkan seorang prajurit Kopasgat/Paskhas TNI-AU, yakni Praka Hermansyah, terluka.

Korban masih di Puskesmas Ilaga menunggu kedatangan helikopter yang akan mengevakuasi korban ke Timika. Kondisi Praka Hermansyah stabil dan terkena tembakan di bahu kanannya, kata Taufan.

Pada tanggal 27 Januari, tiga prajurit TNI AD meninggal dalam kontak tembak dengan KKB di Distrik Gome, Kabupaten Puncak. Distrik Gome merupakan salah satu distrik atau kecamatan yang ada di Kabupaten Puncak, Papua. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya