Di Pasuruan, BNPT Gandeng Ulama Gaungkan Konsep Pentahelix

Kepala BNPT Boy Rafli Amar (kanan) menemui ulama di Pasuruan, Jatim.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Upaya pencegahan dan penanggulangan terorisme siap dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) selama 2022. Salah satunya upaya pencegahan dan penanggulangan terorisme itu dengan konsep pentahelix yaitu kerja sama dan kolaborasi multipihak. 

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Ikhtiar BNPT ini seperti melalui penguatan kerja sama dengan tokoh masyarakat dan pemuka agama. Cara itu dilakukan melalui silaturahmi kebangsaan di Pesantren Sidogiri, Pasuruan pimpinan KH. Ahmad Fuad Noerhasan. Selain itu, BNPT juga sowan ke Pesantren Ngalah Purwosari, pimpinan KH. Sholeh Bahruddin di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Kepala BNPT Komjen Pol. Boy Rafli Amar menyampaikan pemuka agama terutama ulama punya peran strategis di lembaga pendidikan keagamaan. Tujuan ini agar bersama BNPT bisa beri semangat kebangsaan dan rasa cinta tanah air kepada para santri. 

BPBD Assessment Pergerakan Tanah di Purwakarta

"Pesantren membangun semangat cinta tanah air, hubbul wathan minal iman," kata Boy, dalam keterangannya yang dikutip pada Sabtu, 19 Februari 2022.

Kepala BNPT Boy Rafli Amar (kanan) menemui ulama di Pasuruan, Jatim.

Photo :
  • Istimewa
Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah
 

Boy mengatakan jika kiai dan ulama membantu menggelorakan semangat cinta tanah air dan memperkuat nilai kebangsaan yang dicontohkan para ulama terdahulu maka bangsa ini dapat membangun semangat kebangsaan.

"Seperti yang dicontohkan oleh para kiai dan ulama salah satunya K.H. Muhammad Hasyim Asy'ari," jelasnya. 

Pun, Boy menyinggung bila selama ini jaringan radikal dan terorisme menyalahgunakan narasi-narasi agama. Tujuan cara itu agar banyak orang yang bersimpati dan terjerumus. 

"Kita paham mengenai narasi-narasi yang dibangun oleh jaringan radikal terorisme. Salah satunya mengangkat narasi yang berkaitan dengan agama," tutur eks Kapolda Papua itu. 

Kemudian, ia menekankan BNPT akan mengajak banyak pihak untuk bisa bekerjasama dan berkolaborasi dengan konsep multi pihak. Ia bilang ikhtiar ini dengan menggandeng lembaga pendidikan baik formal maupun non formal serta para pemuka agama dan pesantren. 

"Konsep kerja sama dengan berbagai pihak ini dikenal dengan sebutan konsep pentahelix penanggulangan terorisme," ujar Boy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya