Survei Capres Muncul Nama Erick Thohir, Bagaimana Prospeknya

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Sejumlah lembaga survei mulai banyak melakukan rilis nama-nama kandidat peserta Pemilu Presiden 2024. Dari hasil survei yang beredar, Ganjar dan Prabowo termasuk figur berelektabilitas kuat. 

Perolehan Suaranya 58,6 Persen, Prabowo Subianto: Itu Hasil Demokrasi dan Perjuangan

Selain itu ada juga sejumlah sosok muda seperti Agus Hatimurti Yudhoyono, dan yang menarik adalah munculnya sosok Menteri BUMN, Erick Thohir, dalam hasil survei terbaru yang dirilis New Indonesia Research & Consulting.

Fenomena ini menarik perhatian banyak kalangan, di antaranya Sekjen MPN Pusat Kedaulatan Rakyat atau Pakar, yang juga kader Nahdlatul Ulama, Abi Rekso.

MK Sebut Total Ada 33 Pengajuan Amicus Curiae, Hanya 14 yang Didalami Hakim

"Hasil 4% elektabilitas sudah modal awal yang cukup untuk maju dalam kontestasi pemilu 2024. Sebagai figur dari kalangan non-parpol, hasil 4% pencapaian positif," kata Abi, kepada wartawan Minggu 20 Februari 2022.

Dalam hal ini, sebagai salah seorang pendiri Said Aqil Siroj Institute, Abi pun merasakan derasnya dukungan warga Nahdliyin kepada figur Erick Thohir. Abi juga meyakini bahwa tren elektabilitas Erick Thohir akan terus meningkat seiring dengan kebijakan yang pro-rakyat, dan elektabilitas bisa semakin meningkat jika ada dukungan partai politik.

Sekjen Gerindra Sebut Syarat Utama Bakal Calon Menteri Kabinet Prabowo-Gibran 

"Kami organisasi PAKAR secara terbuka mendukung kinerja pro-rakyat Menteri Erick Thohir. Hasil 4% ini tentu akan semakin menggelorakan semangat memperkenalkan figur dan capaian Erick Thohir dari desa ke desa. Bahkan kami menyerap aspirasi suara akar rumput agar figur Erick Thohir maju sebagai kandidasi pada pemilu 2024," ujar Abi.

Ketua Umum Pakar, Razikin Juraid juga menambahkan, saat ini yang terpenting bagi pendukung Erick Thohir adalah terus bergerak ke seluruh penjuru negeri dan mensosialisasikan sosok Erick Thohir ke masyarakat.

Razikin pun menegaskan, keberhasilan Presiden Joko Widodo harus dijaga dan dilanjutkan. menurut Razikin, Orang yang tepat melanjutkan kepemimpinan Jokowi adalah Erick Thohir.

"Menurut ‘iman politik’ kami adalah Erick Thohir. Kabar tentang Erick tentu saja belum sampai kepada sebagian besar rakyat Indonesia, mengingat Erick merupakan pendatang baru dalam panggung politik Indonesia," kata Razikin.

"Karena itu kami sadar harus bekerja keras memperkenalkan Erick ke masyarakat dan kerja keras itu secara pelan membuahkan hasil positif yang ditandai dengan gelombang dukungan kepada Erick untuk maju sebagai Calon Presiden pada Pemilu 2024 nanti, bermunculan di semua daerah," tambahnya

Seperti diketahui, hasil survei New Indonesia Research & Consulting, menyebutkan bahwa elektabilitas Prabowo Subianto menjulang hingga 20 persen. Kemudian disusul Anies Baswedan 13,8 persen, Ganjar Pranowo 13,5 persen, Ridwan Kamil 8,1 persen, Sandiaga Uno 6,5 persen, AHY 4,3 persen dan Erick Thohir 4 persen.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya