Luhut: Jabodetabek PPKM Level 3, Ada Wilayah yang Naik Level 4

Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, kembali mengumumkan informasi perihal penanganan pandemi COVID-19, khususnya di wilayah Jawa dan Bali.

Mahfud MD: Kalau Kementerian Ditambah Lagi, Area Korupsi Makin Bertambah

Luhut menjelaskan, terdapat sejumlah kabupaten/kota di wilayah Jawa-Bali, yang level PPKM-nya naik ke level 4 seiring meningkatnya jumlah daerah yang berstatus PPKM Level 3.

"Meski telah mengikuti level asesmen PPKM yang telah kami sesuaikan dengan memberikan bobot yang lebih besar terhadap rawat inap rumah sakit, saat ini mulai terdapat beberapa kabupaten/kota yang masuk ke PPKM Level 4," kata Luhut dalam telekonferensi, Senin 21 Februari 2022.

PAN Beharap Dapat 6 Kursi Menteri dalam Kabinet Prabowo-Gibran 

Ilustrasi swab antigen

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Namun, Luhut ternyata tidak menyebutkan secara rinci mengenai wilayah atau daerah mana saja yang berstatus PPKM Level 4, yang bakal berlaku per 22 Februari 2022 hingga 28 Februari 2022 mendatang tersebut.

Luhut: RI-Papua Nugini Sepakat Pererat Kerja Sama Listrik dan Hilirisasi

Kemudian, Luhut juga mengatakan bahwa saat ini mulai banyak kabupaten/kota yang masuk ke dalam asesmen PPKM level 3, di antaranya yakni Solo Raya dan Semarang Raya. Sementara untuk wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bali, DIY, Bandung Raya, Surabaya Raya, Malang Raya, saat ini masih berada di level 3.

"Kenaikan asesmen level di masing-masing daerah ini disebabkan oleh tingkat rawat inap rumah sakit yang meningkat," kata Luhut.

Tak lupa, Luhut juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu panik dalam menyikapi lonjakan kasus COVID-19, karena yang perlu dilakukan adalah menjaga protokol kesehatan dan segera melakukan vaksinasi.

"Terkait detail aturan ini akan dituangkan dalam Inmendagri yang terbit sore ini," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya