Lakon Wayang Mirip Khalid Basalamah Digebuk, Gus Miftah: Domain Dalang

Miftah Maulana Habiburrahman atau lebih dikenal dengan Gus Miftah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lucky Aditya.

VIVA – Kemunculan wayang mirip Ustaz Khalid Basalamah di pementasan wayang kulit di Ponpes Ora Aji menuai kontroversi. Menanggapi hal ini, pengelola Ponpes Ora Aji Miftah Maulana Habiburohman atau kerap disapa Gus Miftah pun angkat bicara.

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

Gus Miftah menuturkan bahwa wayang tersebut memang dipentaskan di pesantrennya pada Jumat 18 Februari 2022 malam. Gus Miftah menuturkan jika terkait konten pementasan merupakan domain dari sang dalang.

Sebagai pemilik tempat, sambung Gus Miftah, dirinya hanya mendapatkan pemberitahuan tentang lakon apa yang akan dipentaskan secara garis besar saja.

Terpopuler: 5 Kota Berbiaya Hidup Termahal di Indonesia, hingga Profil Mooryati Soedibyo

"Konten atau lakon atau atraksi di dalam pertunjukan wayang itu domain dan wilayahnya dalang itu sendiri. Pertunjukannya seperti apa itu ya urusan dalang bukan urusan saya. Saya tidak bisa intervensi itu," kata Gus Miftah, Senin 22 Februari 2022.

"Sudah merupakan kebiasaan, bahwa atraksi panggung atau atraksi dalam pertunjukan wayang itu urusan dalang," imbuh Gus Miftah.

Tegas, Ustaz Khalid Basalamah Sebut Anak Perempuan Tak Boleh Beri Nafkah Ke Ayahnya Jika...

Gus Miftah menjabarkan pementasan wayang kulit memang kerap digelar di Ponpes Ora Aji sejak tahun 2012. Sementara untuk pentas wayang kulit pada 18 Februari 2022 itu diselenggarakan atas permintaan dari para seniman, dalang maupun pegiat wayang.

"Pentas kemarin itu kita lakukan atas permintaan teman-teman seniman untuk bisa urun rembug di pondok saya. Kebetulan saya memang cara dengan seni dan budaya. Karena ada permintaan itu ya sebisa mungkin saya bantu," ucap Gus Miftah.

Seperti diketahui, dalam pagelaran wayang yang didalangi Warseno Hardjodarsono alias Ki Warseno Slank itu, tokoh yang menyerupai Ustaz Khalid Basalamah digebuk berkali-kali oleh lakon wayang lain. Beberapa adegan bahkan disertai makian dan kata-kata tak pantas.

Potongan video adegan wayang itu menuai kecaman dari warganet. Kolom komentar instagram resmi  Gus Miftah @gusmiftah penuh dengan hujatan netizen.

@prskilaa: Udah kelihatan kualitas dirinya seperti apa. 

@yudhiprast86: Nggilani,,,memperkeruh suasana,kyk bukan akhlaq seorang pendakwah,Allahuyahdik 
@samajasiagian: Gak adem sama sekali, malah keliatannya SOK paling berbudaya. 

@adzkarmuhammad: Gus, syahadat ulang lagi gus.. ente masih membenarkan apa yang ente lakuin digereja. 
@adzkarmuhammad:Cieee cari panggung.. 

@el.fath__: Jadi kurang respect lagi sama gus. berjuta juta kebaikan langsung hilang karna 1 kesalahan. Seperti itulah manusia. Auto unffolow.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya