Manggarai Diguncang 3 Kali Gempa Hari Ini

Ilustrasi gempa bumi.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Wilayah Manggarai Nusa Tenggara Timur diguncang gempa bumi berkekuatan 5.8 Magnitudo (M) pada Senin malam 21 Februari 2022 Pukul 21.06 WITA. Gempa susulan juga tercatat terjadi Pukul 21.06 WITA.

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Guncangan gempa tersebut membuat warga di Ruteng Ibukota Kabupaten Manggarai berhamburan keluar rumah. Warga panik karena guncangan gempa terasa cukup kuat. Sepanjang hari Senin warga Ruteng merasakan tiga kali gempa bumi.

"Tadi pagi gempa dan malam ini terjadi dua kali gempa," kata Ken, karyawan Hotel Ranaka.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Gempa bumi beruntun berkekuatan magnitudo 4,7 terjadi di Ruteng-Manggarai, NTT.

Photo :
  • BMKG

Kepanikan juga dialami warga yang tinggal di wilayah pesisir. Irsyad, salah seorang warga pesisir pantai Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai mengaku langsung berhamburan keluar rumah saat merasakan guncangan.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

"Saya sementara duduk isap rokok di kursi habis makan malam tiba-tiba lampu pelita goyang sendiri. Begitu saya berdiri guncangan makin besar, saya pun langsung membangunkan isteri dan anak saya untuk bergegas keluar rumah. Setiap kali gempa langsung ingat ancaman tsunami," tutur Irsyad ketika disambangi pasca gempa.

"Setelah guncangan gempa pertama tak terasa lagi kami pun kembali ke dalam rumah. Baru duduk cerita-cerita datang lagi yang kedua, beruntung guncangannya tak seperti yang pertama. Kami baru tahu dari berita ternyata pusat gempa dekat dengan Reo ini," sambung Irsyad.

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Photo :
  • ANTARA

Berdasarkan rilis resmi BMKG gempa tersebut terjadi di Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur dan berkedalaman 10 km. Lokasinya berada pada 8.12 LS dan 120.70 BT. Sedangkan gempa susulan berkekuatan 5.0 Magnitudo.

BMKG menerangkan, jenis dan mekanisme gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Flores Back Arc Thrust. Sedangkan mekanismenya pergerakan naik. Dampak gempa bumi ini juga lebih diasakan di daerah Labuan Bajo, Maumere, Ende, Soa, Ruteng, Reok, Dampek, Pota, Benteng Jawa dan Lamba Leda.

Gempa tersebut memang tak berpotensi Tsunami. Namun masyarakat diminta tetap mewaspadai gempa susulan dan menjauhi pantai. Belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut.

Laporan: Jo Kenaru Manggarai/NTT

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya