Jokowi Tegaskan Mobil Bahan Bakar Fosil Dilarang di IKN Nusantara

Presiden Jokowi saat meninjau lokasi Ibu Kota baru RI di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

VIVA – Presiden Joko Widodo menegaskan, konsep pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan sangat ramah lingkungan. Tidak hanya lingkungan yang hijau dengan 70 persen areanya harus menjadi area hijau. Tetapi juga termasuk kendaraan yang digunakan nantinya.

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Kata Kepala Negara, mobilisasi orang di IKN nantinya adalah sebagian besar menggunakan angkutan umum. Sekitar 80 persen, adalah angkutan umum yang tentu sangat ramah lingkungan. Sehingga tidak akan banyak menggunakan mobil pribadi. 

"Kemudian juga 80 persen lebih nanti akan menggunakan energi hijau yaitu dari hydropower yang ingin kita bangun di Sungai Kayan di kalimantan utara," ujar Jokowi.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Jokowi mengatakan, bagi masyarakat yang senang berjalan kaki maka sangat tepat untuk datang ke IKN Nusantara. Kota tersebut juga nantinya sangat cocok untuk warga yang senang bersepeda.

"Yang ingin sehat itu juga pindahlah ke Ibu Kota baru. kalau yang senang naik mobil, apalagi mobilnya pakai bbm fosil, jangan pindah ke ibu kota baru," ujar Jokowi.

Jokowi Bakal Siapkan Program Unggulan Prabowo-Gibran Masuk dalam RAPBN 2025

Dia menambahkan, "Konsep besarnya adalah smart forest city, banyak hijaunya dan banyak hutannya. Semuanya dikelola dengan teknologi modern. Baik transportasi, baik sistem pengairan, baik sistem kelistrikan, baik infrastruktur komunikasi, baik pelayanan publik," jelas mantan Gubernur DKI itu.

Politikus senior Partai Golkar Jusuf Kalla.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

JK sudah mulai melunak bicaranya terkait isu Jokowi dan Gibran gabung dengan Partai Golkar.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024