Gus Miftah: Oke Fine, Saya Minta Maaf Atas Kegaduhan

Gus Miftah.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Miftah Maulana Habiburrahman atau lebih dikenal dengan Gus Miftah meminta maaf atas kegaduhan yang terjadi. Ini terkait dengan munculnya wayang muka ustaz Khalid Basalamah yang ditampilkan di pondok pesantren miliknya beberapa hari lalu.

Mentahkan Dalil AMIN, MK: Gus Miftah Bagi-bagi Uang di Pamekasan Bukan Politik Uang

"Ok fine…. Saya minta maaf atas kegaduhan yang terjadi, bukan karena nanggap wayangnya," tulis Gus Miftah Dikutip VIVA dari Instagram resmi @gusmiftah, Rabu 23 Februari 2022.

Gus Miftah saat pagelaran wayang di Ponpes Ora Aji

Photo :
  • Gus Miftah Official
Rupanya Denny Caknan Konsultasi dengan Ulama Sebelum Nikahi Bella Bonita

Berikut penjelasan lengkap Gus Miftah:

Wawancara dalang ki Warseno Slank dengan tv one, dalang dengan segala otoritas nya tidak bisa di intervensi atas lakon yang dibawakannya, dalang independen dengan lakon yang dibawakannya.

TERPOPULER: Ustaz Khalid Basalamah Bocorin Rahasia Seks Hingga Ucapan Selamat Idul Fitri

Tapi kan pentasnya dipondok nya miftah….. yang salah ya miftah!!!

Musnah nya wayang itu sederhana kok, kalau sudah tidak ada yang nanggap dan nguri2…… Lha miftah nanggap saja supaya kelestarian nya terjaga malah disalahkan…….. pokoknya miftah salah, dan harus minta maaf, ok salahkan saya jangan dalangnya, pokok e salahnya miftah.

Ok fine…. Saya minta maaf atas kegaduhan yang terjadi, bukan karena nanggap wayangnya!

Pengakuan dalang

Sang dalang Ki Warseno Slenk pun angkat bicara. Menurut dia, tokoh wayang dengan menggunakan peci dan berjenggot itu bukan Ustaz Khalid Basalamah. Dia mengatakan selama pementasan juga tidak pernah menyebut nama.

“Saya nggak nyebut nama apapun. Nggak mirip (Basalamah), jauh. Ya orang aja tidak bisa memandang dimirip-miripkan ya. Ya, monggo itu kan wayang,” kata dia saat ditemui VIVA di Kantor PCNU Solo, Senin malam, 21 Februari 2022. 

Dia membantah tuduhan tokoh wayang berpeci dan berjenggot itu adalah Ustaz Khalid Basalamah adalah tidak benar. Menurutnya, tokoh wayang yang dihajar Baladewa itu merupakan tokoh wayang karikatur. 

Seperti diketahui, ceramah Ustaz Khalid Basalamah yang sebut wayang harus dimusnahkan viral di media sosial. Meskipun Ustaz Khalid Basalamah telah memberikan klarifikasi dan permohonan maaf atas potongan video ceramah yang viral, namun banyak tokoh yang mempersoalkan pernyataan Ustaz Khalid, salah satunya Gus Miftah.      

Diawal pegelaran wayang, Gus Miftah dikutip di akun Youtube Gus Miftah Official, mengungkapkan bahwa pagelaran wayang ini digelar spontan, terlepas dari kontroversi pengharaman wayang kulit. Baginya, semua ini ada hikmahnya agar selalu mengingat budaya Indonesia.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya