Jokowi Yakin IKN Akan Jadi Representasi Kebesaran Bangsa Indonesia

Desain Garuda untuk Istana Negara di Ibu Kota Negara Baru.
Sumber :
  • Tangkapan kamera @suharsomonoarfa.

VIVA – Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara akan menunjukkan kebesaran bangsa Indonesia dan mencerminkan identitas nasional. Pembangunan IKN akan memiliki standar internasional.

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

Jokowi meyakini IKN Nusantara akan menjadi representasi bangsa yang unggul. Selain itu, IKN juga merupakan bentuk respons komitmen Indonesia dalam penanggulangan perubahan iklim. 

"IKN juga merespons komitmen Indonesia dalam penanggulangan perubahan iklim yang terlihat melalui pencapaian, dan pengelolaan berbagai indikator menuju nol emisi karbon, dan 100 persen energi baru terbarukan di tahun 2060," kata Jokowi dalam sambutannya di acara Beranda Nusantara Menuju Ibu Kota Negara Baru, Rabu, 23 Februari 2022.

Mendagri Tito Karnavian: RUU DKJ Wujud Upayakan Jakarta Jadi Kota Kelas Dunia

Presiden Jokowi.

Photo :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

Dengan pembangunan IKN, transformasi di sejumlah bidang akan dilakukan, mulai dari transformasi masyarakat, lingkungan, hingga mobilitas. Menurut Jokowi, transportasi di IKN Nusantara nantinya akan memanfaatkan energi hijau yang efisien, serta hemat energi dan rendah karbon. 

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

"Kota yang berbasis pejalan kaki dan transportasi massal dan siap beradaptasi dengan transportasi masa depan," ujarnya. 

Selain itu, Kepala Negara juga menekankan adanya transformasi untuk bekerja lebih cerdas dan kreatif. Pekerjaan akan saling terkoneksi dan terintegrasi satu dengan yang lain. 

"Transformasi dalam bekerja yang cerdas, yang kreatif, saling terkoneksi, saling terintegrasi, dan menjalin kolaborasi menciptakan budaya kerja yang produktif, melayani dan dekat dengan masyarakat," ujar Jokowi 

Rencana pembangunan ibu kota baru

Photo :
  • vstory

Mantan Gubernur DKI ini menyadari bahwa pembangunan IKN Nusantara mendapat perhatian berbagai pihak sehingga muncul banyak aspirasi dan harapan tinggi terhadapnya. Hal tersebut menjadikan IKN sebagai pekerjaan besar bersama yang membutuhkan kontribusi, peranan, dan kerja sama semua pihak. 

"IKN Nusantara ini merupakan pekerjaan besar bangsa Indonesia yang nantinya akan menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia," ujar Jokowi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya