Gempa Sumbar, Sejumlah Bangunan di Pasaman Barat Rusak

Ilustrasi Peta lokasi gempa Sumbar.
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Padang Panjang, Sumatera Barat mencatat, wilayah Kabupaten Pasaman Barat diguncang gempa bumi sebanyak empat kali, Jumat 25 Februari 2022.

Mayoritas Kota-kota Besar Berpotensi Hujan dampak Dua Siklon Tropis, Menurut BMKG

Hingga kini, belum ada laporan resmi terkait dampak kerusakan dan korban jiwa yang timbul akibat lindu ini. Namun, berdasarkan informasi yang dihimpun VIVA, sejumlah bangunan di Pasaman Barat dilaporkan mengalami kerusakan.

Beberapa bangunan yang mengalami kerusakan tersebut antara lain, kantor Bupati Pasaman Barat, kantor BPS Simpang Empat, Dinas Tenaga Kerja, dan SD 09 Ladang Panjang.

BMKG Temukan Ratusan Titik Panas di Kaltim, Jumlahnya Meningkat dari Sehari Sebelumnya

“Kerusakan ada dan sedang didata,” kata Plt BPBD Pasaman Barat Azhar, Jumat 25 Februari 2022.

Berikut rangkuman gempa yang menghantam Pasaman Barat menurut catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Padang Panjang.

BMKG: Potensi Hujan Badai Disertai Petir di DKI Jakarta

Gempa pertama terjadi pada pukul 08.35 WIB dengan kekuatan 5,2 berlokasi di 0.14 Lintang Utara dan 99.99 Bujur Timur atau 18 kilomater TimurLaut Pasaman Barat. Lalu, gempa kedua berkekuatan 6,2 berlokasi di 0.15 Lintang Utara dan 99.98 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa ketiga terjadi pada pukul 08.50 WIB dengan kekuatan 4.3 dan gempa keempat berkekuatan 4.2.

Baca juga: Sumbar Diguncang Gempa Magnitudo 6,2

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya