Pasca Gempa, 5 Warga Pasaman Sumbar Hilang Diterjang Banjir Bandang

Lokasi banjir bandang (Foto ilustrasi).
Lokasi banjir bandang (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Gempa berkekuatan 6,2 magnitudo yang mengguncang Sumatera Barat atau Sumbar dengan titik pusat di Kabupaten Pasaman Barat merusak ratusan bangunan. Gempa juga berdampak terhadap aktivitas warga terutama di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau lumpuh.

Gempa juga mengakibatkan gerakan tanah dan banjir bandang. Info terbaru, di Kenagarian Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, Pasaman, terjadi banjir bandang. Enam warga setempat dilaporkan hilang.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Padang Asnedi menyebutkan enam warga yang dinyatakan hilang akibat banjir bandang. Namun, satu warga sudah ditemukan dalam kondisi meninggal. Dengan demikian, tersisa lima warga yang masih hilang dan dalam proses pencarian.

“Berdasarkan laporan yang diterima, ada enam warga yang hilang. Satu korban atas nama Rido (30), tadi siang pukul 14.00 WIB, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Jadi, tinggal lima korban lagi yang masih dalam proses pencarian,” kata Asnedi, Sabtu 26 Februari 2022.

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Photo :
  • ANTARA

Dia menjelaskan jasad korban sudah dievakuasi ke Puskesmas Ladang Panjang. Selanjutnya, jasad diserahkan kepada pihak keluarga. 

Hingga kini, proses pencarian masih dilakukan untuk lima korban lainnya.