Banjir Rendam 26 Desa di Aceh Utara

Ilustrasi banjir
Sumber :
  • dok BNPB

VIVA – Ada 26 desa pada lima kecamatan di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, terendam banjir. Saat ini ketinggian air sudah mencapai 50 centimeter.

KKP Ungkap 254 Pelaku Sektor Kelautan dan Perikanan Jadi Korban Banjir Bandang Sumbar

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas menyebutkan, banjir tersebut juga diakibatkan oleh intensitas hujan yang tinggi sehingga air sungai Krueng Keureuto dan Krueng Pirak meluap dan merendam pemukiman warga di 26 desa tersebut. 

Apalagi wilayah yang terendam banjir berdekatan dengan daerah aliran sungai. Sehingga air dengan cepat menggenangi rumah warga.

BNPB Pantau Aktivitas Gunung Marapi dan Singgalang Antisipasi Bencana Susulan

“Air sungai Krueng Keureuto dan Krueng Pirak meluap sehingga mulai merendam badan jalan dan mengalir ke pemukiman penduduk,” ujar Ilyas kepada wartawan, Minggu, 27 Februari 2022.

Lima kecamatan yang terendam banjir yaitu Kecamatan Pirak Timu sembilan desa, Matangkuli 13 desa, Kecamatan Lhoksukon 2 desa, Kecamatan Tanah Luas dan Langkahan masing-masing satu desa.

Kepala BMKG Ingatkan Sumatra Barat Harus Segera Miliki Sistem Peringatan Dini Banjir Bandang

Sejauh ini korban terdampak banjir mencapai 2669 jiwa. Sementara tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Pihak BPBD setempat saat ini masih melakukan pendataan terkait warga yang mengungsi.

“Total korban terdampak banjir di Kecamatan Pirak Timu 2669 jiwa, Kecamatan lainnya masih dalam pendataan,” kata Ilyas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya