347.711 Kendaraan Keluar Jakarta Pada Libur Isra Miraj

Ilustrasi kemacetan di jalan tol
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 347.711 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-3 sampai dengan H-2 libur Isra Miraj Tahun 2022, yang jatuh pada periode Jumat, 25 Februari 2022 hingga Sabtu, 26 Februari 2022). Angka ini naik 27,12 persen jika dibandingkan lalu lintas (lalin) normal periode Februari 2022 dengan total 273.539 kendaraan.

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalin dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa arah Merak, GT Ciawi arah Puncak, dan GT Cikampek Utama serta GT Kalihurip Utama arah Trans Jawa dan Bandung.

Gerban tol Merak

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama
Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Sebagai antisipasi potensi kepadatan di jalan tol, Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru mengimbau, agar pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jabotabek. Heru juga meminta kerja sama pengguna jalan untuk menghindari pulang bersamaan di hari Senin besok, 28 Februari 2022, yang diprediksi menjadi puncak arus balik untuk libur Isra Miraj Tahun 2022.

"Dengan meningkatnya lalin di jalan tol, kami juga mengimbau pengguna jalan untuk selalu berkendara dengan aman sesuai peraturan yang berlaku. Salah satunya, aturan batas kecepatan berkendara di jalan tol yang harus dipatuhi sesuai dengan rambu lalu lintas yang terpasang di masing-masing ruas jalan tol," ujar Heru dalam keterangan tertulisnya, Minggu 27 Februari 2022.

Viral Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung, Sopir Pontang-Panting Mengejar

Selain itu, Heru juga mengingatkan pentingnya antisipasi yang harus dilakukan oleh pengemudi. Dia juga meminta pengemudi untuk menjaga pengemudi dan juga kendaraan agar tetap dalam kondisi prima sebelum berkendara.

"Gunakan rest area jika mengantuk atau merasa lelah. Dengan beristirahat sejenak, maka akan membantu kondisi pengemudi kembali prima sebelum melanjutkan perjalanan," tegasnya.

Jasa Marga terus berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk memberlakukan rekayasa lalin, seperti contraflow dan penempatan petugas di lokasi rawan kepadatan.

Dia menyebutkan jika pemberlakuan contraflow pada arus balik bertujuan untuk menghindari kepadatan pertemuan dua lalu lintas Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta di kilo meter 66, serta kepadatan jelang akses masuk dan keluar rest area kilo meter 62 dan kilo meter 52.

"Kami juga membatasi pekerjaan proyek di jalan tol yang berpotensi mengganggu lajur, termasuk pekerjaan mobilisasi peralatan. Rencanakan perjalanan sebelum mulai berkendara, di antaranya dapat menggunakan Mobile Apps Travoy 3.0 yang berfungsi sebagai asisten digital pengguna jalan maupun informasi lalu lintas jalan tol terkini dan permintan pelayanan jalan tol yang bisa didapatkan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080 atau Twitter @PTJASAMARGA," tutup Heru.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya