Lima Pendaki Hilang Kontak di Gunung Salak

Lereng Gunung Salak.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Lima pendaki asal Kecamatan Cicurug dikabarkan hilang kontak di Gunung Salak, Pos Pendakian Citaman, Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Selasa, 1 Maret 2022. Kabar hilang kontak 5 pendaki ini diterima Ketua Sar Khatulistiwa, Jajang Yusuf.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Adapun kronologisnya, lima orang tersebut mulai melakukan pendakian pada Sabtu, 26 Februari dan harus kembali turun pada Minggu, 27 Februari, melalui pos pendakian Citaman, Resort Cidahu, Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Namun hingga saat ini para pendaki tersebut tidak turun, sehingga orang tua para pendaki tersebut mencarinya.

"Para pendaki tersebut naik pada hari Sabtu lalu, dan seharusnya sudah turun pada Minggu, melihat kejadian itu, sudah waktunya Tim SAR melakukan operasi, melalui pos pendaki Citaman hingga pos 5 Puncak Salak," kata Jajang dikutip dari tvonenews.com.

Keren! Mbah Wahyuni, Pendaki Berusia 71 Tahun yang Sudah Taklukkan Banyak Gunung di Indonesia

Keluarga pendaki di Pos Citaman, Cidahu, Kabupaten Sukabumi

Photo :
  • tvonenews.com

Jajang menambahkan, dari kronologis kejadian, rombongan 5 pendaki ini sempat bertemu dengan pendaki lainnya yang hendak turun, di pos 4 pada hari Minggu, pada pukul 11.00 siang, dan sekitar pukul 15.00 terlihat juga di pos 5 oleh rombongan pendaki lain yang hendak  turun. Hingga dua hari setelah itu, 5 pendaki tersebut belum ada kabar.

Anggun Berkebaya, 100 Perempuan Indonesia Rayakan Hari Kartini di Puncak Gunung Kembang

"Waktu sudah habis dan melampaui batas dalam pendakian, tim dari SAR Khatulistiwa langsung melakukan inisiatif untuk melakukan operasi SAR, saat ini tim sedang melakukan koordinasi untuk melakulan pencarian,” kata Jajang.

Sementara itu, Tim SAR yang terlibat dalam upaya pencarian melibatkan dari Taman Nasional, Volunteer Panthera, SAR Khatulistiwa, dan potensi SAR lainnya. 

Baca juga: Terjebak Hujan Deras dan Cuaca Dingin, Pendaki Gunung Lawu Tewas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya