GPH Bhre Cakrahutomo Dinobatkan sebagai KGPAA Mangkunegara X

Istana Pura Mangkunegaran Solo
Sumber :
  • VIVA/ Fajar Sodiq

VIVA – Teka-teki siapa calon penerus tahta Pura Mangkunegaran sepeninggal mendiang Kanjeng Gusti Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX terjawab sudah. Hari ini pihak istana Pura Mangkunegaran mengumumnkan Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunegara X.

Muhammadiyah Akhirnya Diizinkan Gelar Salat Id di Pamedan Pura Mangkunegaran

Pengumuman itu disampaikan oleh Pengageng Wedhana Satria Pura Mangkunegaran, KRMT Lilik Priarso di Pendopo Timur Pura Mangkunegaran, Selasa, 1 Maret 2022. Saat menyampaikan pengumuman itu, Lilik didampingi oleh Raden Tumenggung Supriyanto Waluyo, KPH Cuk Susilo dan RMH Haryo Dananjoyo.

Dalam jumpa pers itu, Lilik membacakan wara-wara atau pengumuman yang ditulis dengan bahasa Jawa. Wara-wara itu menyebutkan berdasarkan hasil pertemuan dengan keluarga mendiang KGPAA Mangkunegara IX diputuskan bahwa Gusti Pangerah Hario Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, SH dinobatkan sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Mangkunagoro X.

Aktivitas Gibran Rakabuming Raka Usai Isoman 15 Hari

"Dene, tata cara adat Jumenengan Dalem badhe kalampahan ing dinten Sabtu Pahing tanggal 8 Ruwah Alip 1955 utawi suryo kaping 12 Maret 2022," demikian tertulis dalam wara-wara yang dibacakan Lilik Priarso.

Selanjutnya di bagian bawah wara-wara itu juga tertulis tempat dan tanggal, Surakarta, 25 Februari 2022 serta tertulis nama GRAy Retno Rosato Notohadiningrat dan GRAy Retno Satuti Suryohadiningrat. 

Ritual Sakral Perdana Gusti Bhre Usai Dinobatkan Mangkunegara X

Seperti diketahui dua nama tersebut merupakan putri dari almarhum KGPAA Mangkunegara VIII atau saudara kandung dari mendiang KGPAA Mangkunegara IX yang mangkat pada Jumat, 12 Agustus 2021 lalu.

Dengan adanya pengumuman yang penunjukan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunegoro X maka kekosongan kursi penguasa Kadipaten Mangkunegaran terjawab sudah.

Sebelumnya sempat muncul tiga nama calon pewaris tahta istana Pura Mangkunegaran, yakni GPH Paundra Jiwanegara yang merupakan putra tertua KGPAA Mangkunegara IX pernikahannya dengan Sukmawati Soekarnoputri, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dan BRM Roy Yamin yang merupakan keponakan dari KGPAA Mangkunegara IX. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya