Logo BBC

Bisakah Indonesia Bertransisi ke Endemi COVID-19?

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Di tengah gelombang kasus Covid-19 varian Omicron, Pemerintah Indonesia sedang berupaya mengendalikan infeksi Covid-19 agar bisa bertransisi dari pandemi menjadi endemi. Meski di lapangan masyarakat juga mulai kendor dalam mematuhi protokol kesehatan, salah satu buktinya adalah mobilitas tinggi yang menyebabkan kemacetan parah di Puncak, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

"Ada kriteria-kriteria yang saat ini kita sedang susun. Termasuk menjadi indikator-indikator yang harus kita capai bersama, bukan hanya oleh pemerintah pusat, tapi oleh pemerintah daerah," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalina Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, dalam konferensi pers, Selasa (1/3).

Pada hari yang sama, pemerintah menerapkan perpanjangan status PPKM di Jawa-Bali selama sepekan dan di luar Jawa Bali selama dua pekan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, meski masyarakat mulai kendor dalam mematuhi protokol kesehatan. Terbukti dari kemacetan parah yang terjadi di Puncak, Jawa Barat pada akhir pekan lalu.

Epidemiolog menilai peraturan di atas kertas itu "seringkali tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan", sehingga tingkat kepatuhan masyarakat menurun.

Ditambah lagi masyarakat telanjur menganggap Oicron tidak berbahaya karena memiliki gejala ringan.

Baca juga:

Masyarakat mulai kendor