Wamenag: Perayaan Hari Nyepi Jadi Momentum Menguatkan Persatuan Bangsa

Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi membuka acara Tawur Agung Kesanga Hari Suci Nyepi.
Sumber :
  • Kemenag

VIVA – Wakil Menteri Agama RI,  Zainut Tauhid Sa'adi membuka acara Tawur Agung Kesanga Hari Suci Nyepi Saka 1944, Rabu, 2 Maret 2022 di Plataran Candi Prambanan, Jawa Tengah. 

Wamenag Prediksi Lebaran 2024 Jatuh pada Besok, Begini Penjelasannya

Acara tersebut mengusung tema Aktualisasi Nilai Tat Twam Asi dalam Moderasi Beragama Menuju Indonesia Tangguh. 

Wakil Menteri Agama dalam sambutannya mengatakan, Tat Twam Asi adalah inti moderasi beragama dan menjadi inspirasi untuk saling menghormati, saling rukun, dan saling menghargai. 

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Perayaan Hari Suci Nyepi harus menjadi momentum bagi umat Hindu untuk menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa," kata Zainut dalam sambutannya seperti dikutip VIVA dari keterangan tertulis, Rabu, 2 Maret 2022.

Tinjau Pembukaan Bimtek Petugas Haji, Wamenag Soroti Pentingnya Persiapan dan Langkah Antisipasi

Dia menambahkan, "Perayaan Hari Suci Nyepi jangan hanya berhenti pada tataran ritual saja, tapi kita jadikan Hari Suci Nyepi sebagai momentum merealisasikan maknanya untuk amal dalam beragama dan berbangsa."

Pada momentum perayaan Hari Suci Nyepi ini, Wamenag mengajak umat Hindu untuk mengamalkan nilai-nilai moderasi beragama di tengah Tahun Toleransi 2022. 

"Mari kita peringati Hari Suci Nyepi ini dengan semangat kesederhanaan, tidak berlebihan, dan tetap mematuhi protokol kesehatan tanpa mengurangi makna dan kekhidmatan perayaan Nyepi," katanya. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya