Ustaz Felix Siauw dan UAS Disebut Masuk Daftar Penceramah Radikal

Ustaz Abdul Somad.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Beredar tangkapan layar pesan WhatsApp terkait daftar penceramah yang terindikasi intoleran dan radikal. Tangkapan layar itu diunggah di akun media sosial milik penceramah Ustaz Felix Siauw.

Untung Cahyono, Penceramah Salat Id yang Materinya Singgung Politik hingga Bikin Jemaah Bubar

Ustaz Felix dalam akun Instagramnya menggunggah tangkapan layar 10 nama penceramah yang dikategorikan radikal. Nama Ustaz Felix sendiri masuk dalam daftar itu. Begitu juga penceramah kondang Ustaz Abdul Somad atau UAS.

Selain itu, ada mantan Juru Bicara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Ismail Yusanto. Lalu, ada juga penceramah Hafidz Abdurahman.

Terpopuler: Tips Padu Padan Shimmer Dress, hingga Waspadai Infeksi Saluran Kemih Mengintai Wanita

Ustaz Felix dengan unggahan itu juga menyertai tanggapannya. Dia mengaku namanya sempat masuk daftar pada 2017. Pun, kini namanya muncul lagi. Bahkan ada di nomor urut dua di bawah Ismail Yusanto.

"Beredar viral 180-an nama penceramah radikal dan disarankan nggak boleh diundang dan didengar. Tahun 2017, saya jadi tokoh radikal no. 2 setelah .HaErEs, sekarang jadi no. 2 lagi," tulis Ustaz Felix di akun Instagramnya dikutip VIVA pada Selasa, 8 Maret 2022.

Kesalahan Ini Banyak Dilakukan Orang saat Lebaran, UAS: Ditusukkan Paku ke Kepala Kamu Lebih Baik

Ustaz Felix dengan emoticon tertawa pun menyampaikan pertanyaan kalimat canda. 

"Kapan aku bisa jadi namber wan ya?. Tapi alhamdulilah, bisa bertahan di list sedjak 2017," demikian katanya.

Dalam tangkapan layar pesan WhatsApp itu, tertulis ‘Daftar Penceramah Intoleran & Radikal. Hindari untuk Mendengarkan Apalagi Mengundang’.

Meski Ustaz Felix menyebut ada 180-an pendakwah tapi unggahannya hanya tertera 10 nama yang dikategorikan penceramah radikal.

Belum diketahui pihak mana yang mengeluarkan daftar nama penceramah tersebut. Namun, sebelumnya Presiden Jokowi sempat memperingatkan agar istri TNI-Polri tak mengundang penceramah radikal.

Jokowi menyampaikan demikian saat acara pembukaan Rapat Pimpinan TNI dan Polri Tahun 2022 di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa, 1 Maret 2022.

Dia awalnya menyinggung soal kedisiplinan anggota TNI-Polri yang diharapkan bisa menjadi contoh bagi masyarakat. Sebab, disipilin TNI-Polri berbeda dengan masyarakat sipil.

Jokowi kemudian bicara soal istri TNI-Polri mengundang penceramah semaunya atas nama demokrasi.

"Makro, mikro harus kita urus juga. Tahu-tahu undang penceramah radikal. Nah, hati-hati," ujar Jokowi.

Tak lama peringatan Jokowi, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bicara soal penceramah radikal. Direktur Pencegahan BNPT Brigadir Jenderal Ahmad Nurwakhid mengatakan, pernyataan Jokowi merupakan peringatan dan perhatian sejak dini untuk meningkatkan kewaspadaan nasional.

Menurut dia, radikalisme adalah proses tahapan menuju terorisme yang selalu memanipulasi dan mempolitisasi agama. Dia menyebut beberapa indikator penceramah radikal.

Pertama, yaitu mengajarkan ajaran yang anti-Pancasila dan pro ideologi khilafah transnasional. Kedua, mengajarkan paham takfiri yang mengkafirkan pihak lain yang berbeda paham maupun berbeda agama.

Lalu, ketiga, menanamkan sikap anti pemimpin atau pemerintahan yang sah. Caranya dengan sikap membenci dan membangun ketidakpercayaan (distrust) masyarakat terhadap pemerintahan maupun negara melalui propaganda fitnah, adu domba, ujaran kebencian atau hate speech, dan sebaran hoaks.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya