Perang Rusia-Ukraina, Negara Asia Afrika Didorong Beri Resolusi

Presiden Asian African Youth Governement (AAYG), Saddam Al-Jihad
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Presiden Asian African Youth Governement (AAYG), Saddam Al-Jihad memberikan pandangannya terkait perang Ukraina dan Rusia

Ternyata Ada Deretan negara Sekutu Iran yang Bentuknya Bukan Negara

Menurutnya, perang ini tidak bisa dibiarkan terus terjadi karena bisa merenggut nyawa dan juga berdampak pada ekonomi. 

"Bukan hanya di Ukraina atau Rusia, perang juga akan berdampak secara ekonomi ke kawasan lain termasuk negara-negara di Asia Afrika," ucap Saddam, Selasa, 8 Maret 2022.

Kemungkinan yang Bakal Terjadi Kalau Indonesia tak Dijajah

Maka, Saddam mendorong negara-negara di Asia Afrika terlibat dalam resolusi perang. Saddam memprediksi, peperangan ini bisa berpotensi menjadi awal terjadinya perang dunia ketiga. Hal itu disebabkan karena Amerika Serikat (AS) ikut campur dan menyuplai kekuatan militer ke Ukraina untuk melawan Rusia. 

"Ini sangat bahaya, karena terlibatnya AS dalam perseteruan ini akan mempertemukan dua kekuatan militer paling besar di dunia. Ini Stepping Stone terjadinya World War III," ungkap Saddam. 

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Saddam mengungkapkan, gagasan Dasasila Bandung akan disebarkan ke seluruh Asia Afrika. Dengan ini,  Saddam bersiap menjadi titik tengah dalam setiap konflik yang terjadi. 

“Berdasarkan dasasila Bandung dalam merundingkan segala persoalan konflik dunia, kita siap menjadi titik temu dan titik tengah dalam setiap konflik yang terjadi,” ungkap Saddam. 

Sementara itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan bahwa pemuda Asia Afrika dapat berkontribusi untuk menjaga stabilitas politik dikawasan Asia Afrika. Dengan penyelesaian krisis kemanusiaan yang terjadi diberbagai negara Asia dan Afrika. 

“Pemuda Asia Afrika dapat berkontribusi untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan di kawasan Asia Afrika. Kemudian berpartisipasi dalam proses penyelesaian krisis kemanusian yang terjadi di berbagai negara Asia dan Afrika," kata Bamsoet. 

Adapun Rusia melakukan serangan ke Ukraina pada Kamis, 24 Februari. Tercatat hingga Minggu, 7 Maret, sebanyak 351 warga sipil Ukraina tewas akibat invasi Rusia.

Baca juga: 9 PMI Asal Sumut Terjebak di Ukraina, Ini Respons Gubernur Edy

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya