Dukung Smart City di IKN, APJII Suplai Jaringan Internet Terbaik

Lokasi Ibu Kota Negara (IKN) di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur
Sumber :
  • Antara

VIVA – Konsep Smart City yang akan diimplementasikan dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) bernama Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dinilai langkah tepat. Penerapan Smart City di IKN dinilai merupakan sebuah kesempatan untuk mengakselerasi sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Menyelami Dampak Negatif FOMO pada Pengguna Media Sosial

"Membangun Ibu Kota Negara baru dengan konsep Smart City adalah keputusan yang tepat dan forward-looking terhadap kehendak zaman, khususnya dalam mengakselerasi implementasi sistem pemerintahan berbasis elektronik," ujar Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Muhammad Arif kepada wartawan, Rabu 9 Maret 2022.

Maka dari itu, pihaknya mendukung pernyataan Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan yang menyebut kalau Ibu Kota baru di Penajam Paser Utara itu akan dibangun dengan konsep Smart City. Di atas lahan seluas 256.000 hektare, IKN Nusantara akan dibangun dengan konsep modern, namun tak menghilangkan esensi dari kota hutan (forest city). 

Menhub dan Menkes Ikut Pindah ke IKN Juli 2024, Basuki: Menkeu Belum 

“Kota Nusantara yang akan menjadi Ibu Kota negara nantinya perlu memfasilitasi pengelolaan pemerintahan yang lebih modern dengan visi jauh ke depan. Karena itu, IKN perlu ditopang teknologi yang efisien dan mendukung gaya hidup baru yang berbeda dari kota-kota lain di Indonesia bahkan dunia. APJII mendukung penuh konsep Smart City di IKN dan anggota APJII siap menyediakan jaringan internet terbaik dan implementasi konsep Smart City berbasis IoT dan Teknologi mutakhir lainnya," ujar Arif. 

Arif menambahkan, konsep coverage over quality yang diusung APJII untuk percepatan inklusi internet Indonesia. Kata dia, saat ini masih terdapat lebih dari dua belas ribu desa di Indonesia yang belum memiliki koneksi internet. Menurutnya pemerataan internet adalah terobosan yang sangat dibutuhkan generasi muda sebagai kunci dalam pembangunan Indonesia. Sehubungan dengan hal tersebut, APJII melihat perluasan coverage harus jadi prioritas.

Menkominfo Budi Arie Bersiap Ngantor di IKN Juli 2024

"Walaupun belum memenuhi standar average speed fixed broadband. APJII melihat strategi coverage over quality dapat menjadi langkah strategis untuk pemerataan akses internet di Indonesia," katanya lagi.

Sebelumnya diberitakan, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur akan jadi buah bibir dunia. Sebab, IKN Nusantara akan menerapkan konsep smart city modern yang berbeda dengan kota-kota lain di Indonesia dan negara lain.

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan menegaskan bahwa Kota Nusantara adalah representasi masyarakat Indonesia yang berkembang lebih modern, dengan tujuan masa depan bersama dan berpikir jauh ke depan memanfaatkan teknologi yang efisien dan nyaman, serta meneruskan warisan budaya Indonesia yang sangat luhur.

Budi Gunawan mengatakan IKN Nusantara akan membuat wajah Indonesia berbeda dengan sebelumnya. Ia yakin akan banyak hal positif yang diambil Indonesia dengan berpindahnya ibu kota negara.

“Konsep yang diusung akan berbeda. Letak geografis di IKN Nusantara memang perbukitan tapi akan diubah menjadi lebih indah dan hijau berkelanjutan. Akan ada tol, akan ada pembangunan gedung-gedung yang mengusung smart city disertai taman-taman hijau untuk rekreasi sekaligus penata air. Kita akan ubah menjadi kota modern,” ucap Budi Gunawan dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 18 Februari 2022.

Baca juga: KSP Bocorkan Kantor Sementara Kepala Otorita IKN Nusantara

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya