Rektor UINSA: Rawan Dimanfaatkan Politik, Pesantren Harus Mandiri

Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) Masdar Hilmy
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) Masdar Hilmy mengatakan bahwa kemandirian pesantren tidak hanya soal ekonomi, tapi juga kemandirian segala aspek, termasuk sosial-politik. Kemandirian politik pesantren diperlukan karena rawan dimanfaatkan, biasanya setiap pemilu, termasuk Pemilu 2024 nanti.

Harga Emas Hari Ini 25 April 2024: Produk Antam Melorot, Global Bervariasi

Hal itu disampaikan Masdar di sela-sela Sarasehan Nasional Pesantren bertema Pesantren Pasca Undang-undang Nomor 18 Tahun 2019; Quo Vadis Kemandirian Pesantren? di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu, 9 Maret 2022. Hadir pada sarasehan yang digelar UINSA itu perwakilan pesantren se Jawa Timur dan organisasi kemasyarakatan yang konsen di bidang itu.

“Isu kemandirian ini bisa luas sekali, bukan hanya ekonomi, tapi juga politik, sosial, budaya, terutama dalam konteks menjelang tahun polutik menjelang perhelatan demokrasi. Itu menjadi tahun yang sangat rawan, bisa dimanfaatkan oleh pihak tertentu yang hanya ingin mengais keuntungan jangka pendek dan bisa memanfaatkan pesantren dan para kiai dalam rangka kepentingan politik,” kata Masdar.

Ada Konflik di Timur Tengah, Bos BI Pede Ekonomi RI Tetap Kuat

Isu kemandirian pesantren, kata lulusan magister McGill, Montreal, Kanada, itu, menjadi titik utama tujuan daripada terbitnya UU Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Undang-undang itu menurutnya adalah bentuk dukungan negara terhadap pesantren, tanpa memberangus karakter pesantren.

“Isu kemandirian itu justru, menurut saya, yang paling urgent untuk disampaikan. Bahwa pesantren perlu di-support oleh negara; dunia pesantren perlu ditopang infrastruktur, salah satu pihak yang bisa menopang ini negara. Tetapi pesantren juga punya history, punya legacy, punya sejarah masa lalu, punya kemandirian tersendiri yang tidak boleh atau tabu bagi negara melakukan intervensi,” ujar Masdar.

8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia

Ilustrasi Pesantren.

Photo :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto Musafirian

“Dalam rangka menguji bahwa pesantren merupakan suatu institusi yang sejak dulu itu eksis kemudian dia tidak pernah diotonomi oleh negara, tidak pernah diatur sedemikian rupa, tapi kemudian ada undang-undang, ini menjadi suatu ujian bagi dunia pesantren untuk bisa menempatkan dirinya secara proporsional dalam rangka menjaga hubungan yang elegan dan mutualustik antara negara dengan pondok pesantren,” imbuhnya.

Pengasuh Pesantren Al-Mahrusiyah Lirboyo, Kediri, Reza Ahmad Zahid atau Gus Reza, yang juga narasumber di sarasehan berharap UU Pesantren segera direalisasikan dan diwujudkan dalam satu bentuk peraturan yang bisa dinikmati. Sebab, peran pesantren di Indonesia sudah hadir sejak dulu, mulai dari berdirinya negara Indonesia “Membidani kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan itu selalu terlibat,” ujarnya.

Gus Reza mengamini bahwa kemandirian pesantren tidak hanya soal ekonomi, tapi juga politik dan lainnya. Soal politik, lebih-lebih menjelang Pemilu 2024, dia mengatakan bahwa pesantren memiliki ijtihad politik sendiri, karenanya masing-masing pesantren dan tokohnya biasanya memiliki keputusan politik sendiri-sendiri di setiap pesta demokrasi digelar. Menurutnya itu adalah bentuk kemandirian politik pesantren yang tidak bisa diintervensi kelompok tertentu.

“[Soal kemandirian politik pesantren pada Pemilu 2024 nanti] itu ijtihadnya pesantren. Pesantren itu punya ijtihad politik yang bisa jadi pilihannya beda-beda antarpondok pesantren satu dengan pondok pesantren satunya. Kami berharap nanti akan saling menghormati masing-masing ijtihad pondok pesantren,” kata Gus Reza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya