Kapolda Jatim: Tol Pandaan-Malang Kini Bisa Dilintasi

Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta meninjau lokasi longsor di Tol Pandaan-Malang
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Nico Afinta meninjau lokasi longsor di Tol Pandaan-Malang pada Rabu, 9 Maret 2022. Nico melihat sendiri bahwa arus di tol tersebut kini sudah bisa dilalui secara normal setelah diperbaiki oleh petugas.

Longsor Horor Terjang Toraja Utara, 3 dari 9 Orang yang Tertimbun Tewas

Longsor di jalur tol Malang-Pandaan, Jatim.

Photo :
  • Sat PJR Polda Jatim

Tim Gabungan Lakukan Pembersihan

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Nico mengatakan saat kejadian dari jajaran Lalu Lintas Polda Jatim dan Polres Malang bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum, BNPB dan pengelola jalan tol melakukan pembersihan.

"Hasil koordinasi tadi malam jalan tol sudah kembali bisa dilalui kendaraan, kemudian akan dilakukan pengecekan secara bersama," kata Nico.

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Untuk selanjutnya, petugas PJR Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim bersama petugas terkait akan melakukan patroli rutin untuk mengantisipasi kejadian serupa. "Imbauan kepada pengendara agar tetap waspada dan menjaga kecepatan saat berkendara di tol," ujar Nico.

Baca juga: Longsor di Tol Malang-Pandaan, Petugas Alihkan Arus Kendaraan

Hujan Deras Sebabkan Longsor

Sebelumnya diberitakan, hujan deras yang mengguyur wilayah Malang membuat longsor terjadi di KM 78 Tol Pandaan-Malang yang berada di Kecamatan Lawang, Malang, Selasa, 8 Maret 2022. Akibatnya, arus lalu lintas sempat macet dan pengalihan arus kendaraan sempat dilakukan.

Kanit 4 Sat PJR Polda Jatim, Ajun Komisaris Polisi Rahmad, mengatakan longsor membuat bahu jalan dari arah Surabaya maupun Malang tertutup tanah bercampur air. Sebagai antisipasi keselamatan pengendara jalur ditutup untuk sementara waktu.

"Iya longsor tidak banyak sedikit, tapi menutupi bahu jalan. Baik arah Surabaya dan Malang. Masuk wilayah Lawang, Kabupaten Malang di KM 78," kata Rahmad, Selasa, 8 Maret 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya