Perbaikan Tol Trans Sumatera Rampung, KSP: Mudik Lebaran jadi Nyaman

Jalan tol trans sumatera
Sumber :
  • PUPR

VIVA – Deputi II Kepala Staf Kepresidenan (KSP) RI, Febry Calvin Tetelepta mengatakan perbaikan jalan Tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung, bakal selesai sebelum Hari Raya Idul
Fitri 2022. 

Kejar Target Pembangunan, Pekerja Proyek IKN Mudik Diantar Pakai Hercules

Jelas dia, diperkirakan arus mudik Lebaran Tahun 2022 ini nantinya akan membludak. Ia juga dapat memastikan, jalan tol ini akan menjadi primadona yang dilalui oleh para pemudik.

"Informasi dari Kementerian PUPR, penyelesaian semua perbaikan Jalan Tol Trans Sumatera dapat diselesaikan pada bulan April 2022. Termasuk soal rambu lalu lintas, marka hingga rest area. Jadi, nanti masyarakat bisa mudik lebaran dengan nyaman," kata Febry melalui keterangannya pada Sabtu, 12 Maret 2022.

Puncak Arus Balik Lebaran di Tol Trans Sumatera Diprediksi Besok

Untuk mempercepat penyelesaian perbaikan jalan tol tersebut, kata dia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melakukan penambahan alat dan pekerja, dengan target pertengahan April sudah tidak ada lagi kerusakan pada jalan tol dan bukan tol.

"Perencanaan awal perbaikan ditargetkan selesai Juni. Karena dipercepat menjadi April maka harus ada penambahan alat dan orang," ujarnya.

Lonjakan Volume Kendaraan di Tol Indrapura-Lima Puluh dan Binjai-Stabat Sumut

Selanjutnya, Febry mengatakan ada dua hal yang ditekankan dalam rapat koordinasi terkait penyelesaian perbaikan Jalan Tol Trans Sumatera. Yakni soal administrasi penyediaan dokumen teknis dan progres kegiatan perbaikan jalan. "Sukses konstruksi harus diimbangi dengan urusan administrasi dan hukum. Semuanya harus dipastikan berjalan dengan baik," jelas dia.

Diketahui, jalan tol ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung, merupakan bagian dari Jalan Tol trans Sumatera dengan panjang 330 km. Ruas jalan tol ini menghubungkan Lampung hingga Palembang. Tampak, masih ada kerusakan di sejumlah titik dan sedang dalam proses perbaikan. Diantaranya di KM 188, 190-191, dan KM 257 arah Palembang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya