Nias Selatan Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 6,0

Ilustrasi Gempa guncang Nias.
Sumber :
  • BMKG

VIVA –  Gempa bumi dengan magnitudo 6.0 mengguncang Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara pada Senin, 14 Maret 2022 sekitar pukul 04:38 WIB. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mencatat episentrum gempa terletak pada koordinat 0.66 LS dan 98.45 BT di kedalaman 26 km.

Dilansir dari situs resminya, gempa juga terasa di daerah lain dengan Skala Intensitas Gempabumi (SIG) yang berbeda, seperti skala IV Nias Selatan, III Padang, III Siberut, III Gunungsitoli, II Padang Panjang dan II Pariaman.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Sebagai informasi, BMKG menyusun SIG berdasarkan tipikal budaya dan tipe bangunan di Indonesia. Skala tersebut bermakna: I gempa tidak dirasakan, II dirasakan, III kerusakan ringan, IV kerusakan sedang, dan V kerusakan berat. 

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

BMKG mengingatkan warga agar mewaspadai potensi terjadinya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Kabupaten Sitaro, Sulut

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024