Guru Besar UIN Dorong Investasi BPKH untuk Sektor Pendidikan

Ilustrasi dosen mengajar mahasiswa.
Sumber :
  • Instagram/gang5al

VIVA – Guru Besar Ekonomi Syariah UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta, Muhammad bin Muh Said mendorong investasi Badan Pengelola Keungan Haji (BPKH) pada sektor Pendidikan. Ini bisa dirintis melalui kerjasama pembangunan fasilitas kampus sesuai dengan kebutuhan masing-masing kampus.

Lalui Seleksi Ketat, 63 Reksa Dana Sabet Penghargaan Best Mutual Fund Awards 2024

“Potensi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dan Swasta (PTKINS) sangat besar. Melalui Pusat Bisnis Universitas (PBU) menjadi segment penting bagi aliran dana kampus,” katanya kepada media, Senin 14 Maret 2022.

Ilustrasi mahasiswa/i di perguruan tinggi.

Photo :
  • UPDMB
Perprindo Protes Permenperin Baru soal Impor Elektronik Picu Ketidakpastian Hukum, Ini Penjelasannya

 
Simak, Begini Cara Kerja Manajer Investasi Reksa Dana

Menurut Muhammad, dana investasi haji sangat berguna bagi pendidikan. Investasi di PBU akan sangat potensial dan prospektif melalui kebijakan strategis yang digulirkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Islam berusaha Instruksi pengembangan PTKIN berbasis wirausaha (entrepreneurial university).

Sinergitas dan kolaborasi yang baik antara Kementerian Agama dan BPKH menjadi sebuah keharusan yang tidak bisa ditawar. 

“Intensitas komunikasi dan kordinasi yang dibangun atas dasar saling pemahaman (mutual understanding) tugas dan fungsi pokok dalam pengembangan keuangan hai menadi syarat penting," kata dia.

Muhammad menambahkan, pusat bisnis yang diinisiasi dan dikembangkan melalui investasi haji secara professional dapat memperkuat platform ekonomi halal melalui Lembaga-lembaga Pendidikan Islam dari tingkat madrasah hingga perguruan tinggi.

“Produk yang ditawarkan melalui PBU berupa makanan, minuman, pakaian, dan tourism dengan layanan terkoneksi dan terintegrasi di bawah manajemen digital yang diperuntukkan bagi segmen khusus yaitu puluhan ribu mahasiswa PTKINS dan santri,” jelasnya.
 
Muhammad menjelaskan, bahwa investasi di sektor pendidikan secara langsung ataupun tidak mendukung kebijakan pemerintah dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih berkualitas.
 
"Investasi di sektor pendidikan melalui unit bisnis universitas secara langsung maupun tidak langsung mendukung kebijakan pemerintah dalam penyiapan dan penguatan ketrampilan bisnis mahasiswa program studi ekonomi bisnis syariah di PTKIN," ucapnya.
 
Terakhir, sektor pendidikan berperan penting dalam memperluas kebijakan merdeka belajar bagi para mahasiswa PTKIN.
 
"Sektor pendidikan melalui pusat bisnis universitas berperan penting dalam memudahkan dan memperluas artikulasi kebijakan merdeka belajar yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan ristek," ucap Guru Besar Ekonomi Syariah ini. 

Ilustrasi Kelebihan dari Investasi Properti.

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

Membeli properti, baik rumah atau pun tanah merupakan salah satu keputusan finansial terbesar dalam hidup seseorang dan memiliki potensi sebagai investasi jangka panjang

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024