Jokowi Ungkap Rencana Upacara HUT RI Tahun 2024 di IKN Nusantara

Presiden Jokowi usai prosesi penyatuan tanah dan air di IKN Nusantara
Sumber :
  • Setkab

VIVA – Pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara akan segera dimulai dalam beberapa waktu kedepan. Diharapkan progres pembangunan IKN Nusantara tersebut dapat terlihat perkembangannya dalam beberapa tahun mendatang.

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Presiden Joko Widodo mengungkapkan ada sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju yang mengusulkan rencana upacara peringatan hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2024 nanti dilaksanakan di IKN Nusantara.

Namun rencana tersebut tentunya melihat sejauh mana pembangunan yang ada di IKN Nusantara dalam dua tahun kedepan.

Rampung Juni 2024, Menteri ESDM: Divestasi Saham Freeport Sepaket dengan Perpanjangan Kontrak

"Ya ini kan baru dimulai, namanya rencana ya ada beberapa menteri yang sampaikan untuk nanti di 2024, (upacara peringatan) 17 Agustus dilakukan di sini. Kita lihat nanti seperti apa," kata Jokowi, dalam video yang diunggah Sekretariat Presiden, Selasa 15 Maret 2022

"Kalau memang istana dan beberapa kementerian sudah jadi atau fasilitas lain-lain (sudah jadi) bisa saja. Tapi nantilah kita putuskan setelah keliatan progresnya," tambah Jokowi

Mendagri Tito Karnavian: RUU DKJ Wujud Upayakan Jakarta Jadi Kota Kelas Dunia

Menurut Jokowi membangun Ibu Kota Negara ini bukanlah pekerjaan yang mudah. Selain itu pembangunan Ibu Kota ini juga diperkirakan baru akan rampung 15 sampai 20 tahun mendatang.

"Ini kan sebuah pekerjaan yang raksasa, besarnya ini pekerjaan besar sekali dan juga bukan pekerjaan yang mudah, ini pekerjaan rumit. Oleh sebab itu memang butuh waktu yang panjang perkiraan kita antara 15 sampai 20 tahun baru bisa diselesaikan," kata Jokowi

Jokowi berharap dengan sudah terbentuknya kepala otorita dan wakil kepala otorita, persiapan dilakukan dengan lebih matang.

"Nanti yang menyiapkan kelembagaan sudah ada, nanti perencanaan yang lebih detil entah itu DED dan lain-lain juga disiapkan sehingga akan semakin kelihatan nanti. Tetapi yang paling penting memang infrastruktur dasar itu yang harus segera dimulai," ujar Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya